Sukses


4 Hal Tentang PS5 yang Wajib Kamu Ketahui, Ternyata Ada Dua Konsol yang Mirip tapi Tak Sama

Bola.com, Jakarta - Generasi PlayStation berikutnya akhirnya hadir dengan kedatangan PS5. Sony sebagai pengembang fokus pada perkembangan grafik yang lebih baik, bahkan menyediakan dua jenis konsol yang mirip secara fisik tapi punya kelebihan yang berbeda.

Pihak Sony akan meluncurkan PlayStation 5 pada Kamis (12/11/2020) di beberapa negara yang sudah ditentukan. Selain area tertentu, setelah itu Sony akan memerkenalkan PlayStation 5 ke pasar global pada 19 November 2020.

Untuk Indonesia, PS5 baru akan dirilis pada 22 Januari 2021. Meski telat, setidaknya sudah ada kepastian mengenai tanggal peluncuran konsol yang sudah ditunggu-tunggu itu.

Ya, PS5 memang sudah lama ditunggu penggemarnya. Kabar mengenai peluncuran ini sempat simpang siur, namun penantian terbayarkan karena sejumlah fitur baru yang bikin pemain makin dimanjakan.

Berikut ini lima hal tentang PS5 yang wajib kamu ketahui.

 

Video

2 dari 5 halaman

Dua Konsol, Beda Harga, Beda Kelebihan

Sony sebenarnya menjual dua versi konsol. Dengan $499,99 atau setara Rp7 juta, Anda dapat membeli PS5 dengan drive Blu-ray 4K. Tetapi dengan $399,99 atau Rp5,6 juta, Anda dapat membeli Digital Edition PS5.

PS5 ini didukung oleh eight-core AMD Zen 2 CPU and AMD Radeon RDNA 2-based GPU yang akan memberikan kekuatan grafis 10,28 teraflop. Frekuensi variabel pada CPU dan GPU PS5 secara teoritis dapat mendorong grafik untuk berjalan sedikit lebih cepat dari biasanya saat CPU tidak berjalan pada puncaknya.

 

3 dari 5 halaman

Load Times Lebih Cepat

Dengan memori sebesar 825GB (yang bisa terpakai cuma 667,2GB), PS5 memang masih kalah dengan Xbox Series X yang punya memori up to 1TB (yang bisa terpakai cuma 802GB).

Kendati demikian, banyak gim yang load times-nya lebih cepat di PS5 ketimbang Xbox Series X. Fortnite misalnya, setelah dicoba oleh Tom Warren, editor senior The Verge, ternyata lebih cepat empat detik.

Itu karena Xbox Series X memiliki kecepatan 2.4GB/s, sedikit lebih lambat daripada PS5. Memang, soal load times ini tergantung dari gim apa yang dimainkan.

 

4 dari 5 halaman

GPU Mantap

Setiap kali ada konsol baru, grafik adalah poin utama diskusi. Bagaimanapun, daya adalah nilai jual dari sistem generasi berikutnya. Seberapa jauh lebih baik kah tampilan dan permainan gim pada sistem ini?

Konsol Microsoft yang akan datang menawarkan kekuatan grafis 6 teraflop, yang bahkan lebih tinggi dari PS4 Pro. Sementara Sony merilis PS5 dengan kekuatan 10 teraflop!

Itu setara PC, jadi dengan beberapa tahun ke depan. Dengan kekuatan semacam itu, grafis 4K tidak akan menjadi masalah. Tekstur, efek pencahayaan, antialiasing, 10 teraflop bisa melakukan semuanya.

 

5 dari 5 halaman

Virtual Reality

VR adalah salah satu hal yang tidak akan Anda percayai sampai Anda mencobanya. Penentang seringkali adalah orang yang sama yang tidak pernah mengalaminya. Sony akan memenangkan perang VR dengan headset PlayStation VR mereka dan penerusnya di PS5.

Sumber: PS5Playstation5.com, The Verge

Video Populer

Foto Populer