Sukses


Mengenal FIFAe Nations Cup, Kompetisi Esports Sepak Bola yang Diikuti Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas eSports Indonesia telah melewati fase kualifikasi FIFAe Nations Cup 2021 dan lolos ke putaran final yang akan digelar di Copenhagen, Denmark, pada 20 hingga 22 Agustus 2021. Turnamen eSports yang memainkan gim sepak bola FIFA ini akan menjadi edisi kedua setelah pertama kali digelar pada 2019.

Timnas eSports Indonesia berhasil melangkah ke putaran final FIFAe Nations Cup 2021 setelah menjadi runner-up kualifikasi regional Asia dan Oseania yang digelar pada 29 April sampai 1 Mei 2021. Timnas Indonesia kalah dari Jepang di partai final. Selain mendampingi Jepang, Indonesia melangkah ke putaran final bersama tiga wakil Asia lainnya, yaitu Malaysia, Korea Selatan, dan Singapura.

Indonesia yang diwakili Fahmi Husaeni dan Moehamad Zulisar, mengawali kiprahnya di Kualifikasi FIFAe Nations Cup 2021 regional Asia dengan menjadi runner-up Grup B yang diisi Korea Selatan, Singapura, Hongkong, dan China. Indonesia lolos ke semifinal Kualifikasi FIFAe Nations Cup 2021 mendampingi Korea Selatan yang jadi juara Grup B.

Pemain tim eNational Squad Indonesia, Fahmi Husaeni dan Moehamad Zulisar, akan mengharumkan Merah Putih ke kejuaraan dunia di Denmark. (dok. PSSI)

Dalam perjalanannya di fase grup kualifikasi, Indonesia kalah dari Korea Selatan, menang atas Hong Kong, dan bermain imbang melawan Singapura dan China. Pada semifinal, Indonesia menang atas Malaysia hingga akhirnya melaju ke final kualifikasi dan kalah dari Jepang.

Meski kalah dalam laga puncak kualifikasi, Timnas Esports Indonesia tetap melangkah ke putaran final FIFAe Nations Cup bersama empat wakil Asia lainnya. Malaysia lolos sebagai juara second change final Asia dan Oseania, Korea Selatan sebagai runner-up di fase yang sama, dan Singapura sebagai pemenang third change final regional Asia dan Oseania.

Pada putaran final FIFAe Nations Cup 2021 nanti, Timnas Esports Indonesia akan bersaing tidak hanya dengan empat tim lain dari Asia, tapi total dengan 23 tim dari seluruh dunia.

Seperti apa gambaran dan sistem turnamen yang akan berlaku di putaran final FIFAe Nations Cup 2021? Berikut ulasan Bola.com seperti dilansir dari situs resmi FIFAe Nations Cup.

2 dari 3 halaman

Mengenal FIFAe Nations Cup

Dalam perjalanan menuju putaran final FIFAe Nations Cup 2021, ada 59 tim dari seluruh dunia yang turut serta, terdiri dari 10 tim di regional Asia dan Oseania, 6 tim di regional Timur Tengah dan Afrika, 30 tim di regional Eropa, 8 tim di regional Amerika Selatan, dan 5 tim di regional Amerika Utara dan Tengah.

Setiap tim diwakili oleh dua pemain yang akan berhadapan satu lawan satu dengan dua pemain dari tim lawan. Satu pemain akan bermain dengan konsol PlayStation4 dan satu lainnya menggunakan XBOX.

Untuk Timnas Indonesia konsol PlayStation4 akan diwakili oleh Moehamad Zulisar atau yang bermain dengan nama ZeusChanks. Sementara di platform XBOX ada Fahmi Husaeni atau yang dikenal dengan nickname Fahmihussain21.

Dari 59 tim yang mengikuti fase kualifikasi tersebut, dicari 24 tim yang berhak lolos ke putaran final. Sejauh ini hanya tinggal regional Eropa yang masih menggelar kualifikasi. Sementara empat regional lain sudah memastikan perwakilannya yang akan tampil di Denmark pada Agustus 2021.

Regional Asia dan Oseania diwakili oleh Jepang, Indonesia, Malaysia, Korea Selatan, dan Singapura. Kemudian regional Timur Tengah dan Afrika diwakili oleh Arab Saudi dan Qatar.

Sementara itu, regional Amerika Selatan diwakili Brasil, Uruguay, dan Argentina. Sementara regional Amerika Utara dan Tengah diwakili oleh Meksiko dan Amerika Serikat.

Artinya sudah ada 12 tim yang telah memastikan diri melangkah ke putaran final FIFAe Nations Cup 2021 yang datang dari empat regional. Kini hanya tinggal menunggu 11 tim lain yang akan datang dari regional Eropa, karena satu tempat sudah dipastikan menjadi milik Denmark selaku tuan rumah.

Nantinya setiap tim yang berkompetisi di FIFAe Nations Cup 2021 akan diperkuat oleh tiga pemain terbaik yang akan mewakili negaranya masing-masing.

3 dari 3 halaman

Video

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer