Sukses


Luar Biasa, Pendapatan Genshin Impact versi Mobile Bisa untuk Beli 9000 Ferrari Purosangue

Bola.com, Jakarta - Performa Genshin Impact versi mobile tergolong luar biasa. Secara akumulatif, gim ini telah mendapatkan pemasukan sebesar 3 miliar dolar AS atau lebih dari Rp43,5 triliun.

Artiinya, pendapatan sebesar itu bisa membeli satu di antara mobil teranyar pabrikan Ferrari, yakni Ferrari Purosangue. Seperti diketahui, Ferrari Purosangue tengah nge-hits setelah menjadi model perdana SUV pabrikan asal Italia tersebut.

Harga Ferrari Purosangue berada di angka 300 ribu dolar AS atau Rp4,5 miliar. Nah, bayangkan saja jika dengan pendapatan Genshin Impact sebesar itu, garasi kalian akan penuh dengan 9 ribu Ferrari Purosangue. Wow!

 

2 dari 4 halaman

Keterangan Perusahaan

Pada keterangan pers perusahaan riset pasar aplikasi mobile, Sensor Tower, pendapatan tersebut berasal dari belanja pemain secara global di App Store dan Google Play.

Pascapeluncuran, Genshin Impact membutuhkan waktu 171 hari untuk menghasilkan 1 miliar dolar AS pertamanya dari App Store dan Google Play. Bahkan, nilai itu tidak termasuk pengeluaran melalui toko aplikasi Android pihak ketiga.

"Genshin Impact meraih pendapatan rata-rata 1 miliar dolar AS setiap enam bulan, sehingga ia menjadi satu di antara mobile game paling sukses sepanjang masa," kata Sensor Tower.

 

3 dari 4 halaman

Tiongkok Terbesar

China menjadi kontributor utama atas pendapatan Genshin Impact. Para pemain di negara tersebut menghasilkan pendapatan 973,3 juta dolar AS, atau sekitar 30,7 persen dari total pengeluaran pemain global. Itu hanya dari ekosistem iOS saja.

"Jepang menempati peringkat kedua dengan 23,7 persen pendapatan, sedangkan Amerika Serikat menempati peringkat ketiga dengan 19,7 persen," sebut Sensor Tower.

Secara umum, meski Genshin Impact menorehkan kesuksesan di level global, mobile game itu menghasilkan sebagian besar pendapatannya di kawasan Asia. Total, sumbangsih tersebut hampir 70 persen dari total pengeluaran pemain hingga saat ini.

 

4 dari 4 halaman

Ragam Penyumbang

App Store menyumbang porsi pendaptan terbesar dari pengeluaran pemain dengan 65,7 persen dari total pendapatan, di mana sebagian besarnya berasal dari iOS di Tiongkok. Google Play, sementara itu, menyumbang 34,3 persen dari total pengeluaran pemain.

Di luar China, pangsa pendapatan kedua platform ini relatif sama; iOS berkontribusi 50,5 persen, sementara Google Play menyumbang 49,5 persen. Sekadar informasi, Hoyoverse, pengembang game Genshin Impact mengumumkan untuk menunda peluncuran update 2.7. Sebelumnya, update Genshin Impact versi 2.7 ini dijadwalkan akan meluncur pada 10 Mei 2022.

Namun baru-baru ini, pengembang memposting informasi terkait pembaruan tersebut. Pengembang tidak menyebutkan alasan spesifik kenapa menunda peluncuran update Genshin Impact versi 2.7.

Video Populer

Foto Populer