Sukses


Panitia Piala Eropa 2016 Manjakan Penyandang Tunanetra

Bola.com, Paris - Para penyandang tunanetra bisa menyaksikan pertandingan Piala Eropa 2016 dengan nyaman di stadion. Panitia Pelaksana Piala Eropa 2016 bekerja sama dengan Federasi Tunanetra Prancis (FAF) menyediakan perangkat audio di stadion.

 

"FAF mengajak 44 asosiasi berbeda dari seluruh negara dan bertujuan untuk menemani para penyandang tunanetra dalam setiap langkah hidup mereka. Audio Deskripsi Piala Eropa 2016 adalah program yang kami ciptakan agar para penyandang tunanetra bisa menikmati pertandingan di stadion seperti suporter lainnya," ungkap Presiden FAF, Vincent Michael.

Program ini diimplementasikan dengan cara menggandeng Centre for Access to Football in Europe (CAFE) dan French Disabled Sports Federation (FFH). 40 sukarelawan, yang memiliki latar belakang jurnalistik, akan mengikuti program yang diadakan oleh CAFE selama tiga bulan.

10 orang akan dipilih sebagai audio spesialis khusus bagi para penyandang tunanetra. Mereka bertugas untuk menjadi komentator dan menggambarkan jalannya pertandingan dalam program Audio Deskripsi Piala Eropa 2016.

Tak hanya itu saja, 10 orang tersebut juga bertugas mengomentari suasana stadion, deskripsi fisik dan wajah para pemain, dan aksi para pemain di lapangan. Mereka tak bertugas memaparkan analisa taktik dan statistik layaknya komentator pada umumnya.

"Frekuensi radio khusus akan dibentuk satu bulan menjelang turnamen di stadion. Semua orang akan dapat mengaksesnya dengan ponsel mereka dan mendengarkan deskripsi audio dari pertandingan," ujar anggota FFH, Charly Simo.

Putaran final Piala Eropa 2016 akan berlangsung di Prancis, 10 Juni hingga 10 Juli 2016. 24 tim akan bersaing untuk menjadi tim terhebat di jagat sepak bola Eropa.

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer