Sukses


Bintang Piala Eropa 2016: Steven Davis

Bola.com, Jakarta - Steven Davis bukan hanya kapten Irlandia Utara di lapangan. Bagi rekan-rekannya, Davis juga merupakan sosok pemimpin di luar lapangan.

Pemain yang kini membela Southampton itu tampil sebanyak sembilan pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016. Dari sembilan kesempatan itu, Davis hanya sekali bermain selama 45 menit. Sisanya, dia menjadi jenderal lapangan tengah Norn Iron selama 90 menit pertandingan.

Pelatih Michael O'Neill memiliki alasan mendaulat Davis sebagai pemimpin tim. "Ada banyak tipe kapten di tim kami. Namun, saya memilih Davis karena memiliki segala yang dibutuhkan tim ini," katanya

"Davis mengambil tanggung jawab di lapangan. Dia motor serangan tim dan panutan bagi para pemain lain. Bagi saya, dia salah satu pemain luar biasa bersama klubnya di Premier League," lanjut O'Neill.

Selebrasi Steven Davis usai menyumbang gol bagi Timnas Irlandia Utara, pada laga kualifikasi Euro 2016 kontra Yunani (8/10/2015), di Stadion Windsor Park, Belfast. Davis akan memimpin rekan-rekannya berjuang pada Piala Eropa 2016.  (EPA/Andrew Paton)

Hingga saat ini, Davis telah tampil sebanyak 75 laga pada level senior internasional. Dari kesempatan tersebut, pemain berusia 31 tahun itu mencetak lima gol yang dua di antaranya tercipta ke gawang Yunani pada 10 Oktober 2015.

Gol tersebut sangat penting bagi rakyat Irlandia Utara. Selain membantu Norn Iron menang 3-1 atas Yunani, Irlandia Utara juga memastikan tiket ke putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis.

Kini, rakyat Irlandia Utara berharap tim mereka bisa mendapatkan kejutan tambahan. Asa itu tak mudah, karena Davis harus membawa rekan-rekannya tampil maksimal saat bersua Jerman, Polandia dan Ukraina.

Faktor pengalaman menjadi sisi pembeda Davis dibanding pemain lain. Ia sudah masuk menjadi anggota timnas sejak 2005. Semua itu ditambah dengan pengalaman yang ditempa saat berkostum Aston Villa, Fulham, Rangers dan Southampton.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer