Sukses


Bintang Piala Eropa 2016: Andriy Yarmolenko

Bola.com, Jakarta - Pada dua tahun terakhir, nama Andriy Yarmolenko menjadi perbincangan hangat di kalangan pemerhati dunia sepak bola. Sepak terjangnya di level klub dan timnas menjadi magnet. Tak heran jika sosoknya menjadi buruan beberapa tim besar Eropa.

Seolah tak peduli, ia lebih memilih untuk tetap berlaga di kancah domestik. Tak sia-sia, bintangnya tetap bersinar bareng Dynamo Kiev. Meski gagal melewati adangan Manchester City pada Liga Champions 2015-2016, nama Andriy Yarmolenko tak tergantikan.

Yarmolenko menjadi satu di antara bakat terbaik yang dimiliki Ukraina setelah era Andriy Shevchenko. Kini dia sedang menjajaki masa emasnya sebagai seorang gelandang terbaik Ukriana pada usia 26 tahun.

Sebenarnya talenta Yarmolenko sudah tercium pada medio 2000-an, ketika para jurnalis menyebutnya 'Sheva baru'. Tak ingin bakatnya terendus klub-klub Eropa, Dynamo Kiev kemudian langsung merekrutnya pada Desember 2006.

Gelandang Timnas Ukraina, Andriy Yarmolenko (kanan) berusaha melewati adangan bek Slovenia, Dominic Maroh, pada laga play-off Euro 2016, di Maribor, Slovenia (17/11/2015). Yarmolenko menjadi satu di antara kekuatan utama Timnas Ukraina pada Piala Eropa 20

Pada 11 Mei 2008, Yarmolenko melakukan debut bersama tim utama Dynamo Kiev dan mengemas satu gol ketika menang 2-1 atas Vorskla Poltava. Pada musim perdananya, dia mengoleksi tujuh gol dari 21 laga. Pada musim berikutnya, Yarmolenko mencetak 11 gol dari 19 penampilan.

Kepiawaian tendangan, kecepatan lari, sampai fisik mumpuni membawa Yarmolenko dipanggl timnas Ukraina pada 5 September 2009. Ketika itu dia membantu negaranya menang 5-0 atas timnas Andorra di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2010.

Prestasi Yarmolenko di timnas kian kinclong dan kini dia merupakan top scorer Ukraina dengan 22 gol. Sang pemain dikenal sebagai gelandang serang serba bisa, tetapi kemampuannya tereksplorasi dengan maksimal dalam skema 4-2-3-1.

Bertugas sebagai satu di antara pola trisula andalan Ukraina, dia punya gerak cut-inside dari sayap kanan dan sepakan kaki kiri keras andalannya. Semua kepiawaiannya itu bakal dibuktikan ketika membawa Ukraina mengarungi putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer