Sukses


Cetak 2 Gol ke Gawang Irlandia, Lukaku Jaga Asa Belgia

Bola.com, Bordeaux - Romelu Lukaku tampil gemilang dengan menyumbang dua gol saat Belgia menang 3-0 atas Irlandia pada matchday kedua Grup E Piala Eropa 2016, di Nouveau Stade de Bordeaux, Sabtu (18/6/2016). Hasil ini pun membuat asa The Red Devils lolos ke 16 besar tetap terbuka. 

Belgia naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup E dengan raihan tiga poin, tertinggal tiga angka dari Italia yang kukuh di posisi pertama. Pada matchday terakhir, Lukaku dan kawan-kawan bakal menjalani partai penentuan melawan Swedia, di Allianz Riviera, Kamis (23/6/2016). 

Saat melawan Irlandia, Belgia baru mencatatkan peluang perdana pada menit ke-12 melalui Toby Alderweireld. Sayang, bola hasil sundulannya masih melebar dari gawang Republik Irlandia kawalan Darren Randolph.

Memasuki menit ke-24, gawang Irlandia sempat bobol melalui aksi Yannick Cararsco. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena pemain Atletico Madrid itu lebih dulu berada dalam posisi offside.

Hingga setengah jam pertandingan, Belgia terlihat masih kesulitan membongkar lini pertahanan Irlandia. Sejumlah peluang yang dihasilkan bahkan tak berasal dari dalam kotak penalti. Babak pertama pun berakhir 0-0.

Ekspresi striker Belgia, Romelu Lukaku, usai membobol gawang Irlandia pada pertandingan kedua Grup E Piala Eropa 2016,  di Nouveau Stade de Bordeaux, Sabtu (18/6/2016). (AFP/Loic Venance).

Gol yang ditunggu-tunggu Belgia akhirnya tercipta pada menit ke-48 melalui aksi Romelu Lukaku. Diawali dari umpan silang Kevin De Bruyne, Lukaku lalu melepaskan sepakan kaki kiri keras yang membuat bola bersarang di sudut kanan bawah gawang Irlandia.

Pada menit ke-61, giliran Axel Witsel yang mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan Thomas Meunier, Witsel lalu menanduk bola yang merobek sudut kiri gawang Randolph.

Gelandang Belgia, Axel Witsel, usai mencetak gol ke gawang Irlandia, pada matchday kedua Grup E Piala Eropa, di Nouveau Stade de Bordeaux, Sabtu (18/6/2016). (AFP/Georges Gobet).

Belgia menjauh pada menit ke-70 melalui gol kedua Lukaku. Diawali dari pergerakan dari sisi kanan lapangan, Eden Hazard mengirimkan umpan silang kepada Lukaku yang berdiri bebas. Dengan tenang, eks pemain Chelsea itu menceloskan bola ke gawang lawan. 

Memasuki menit ke-83, De Bruyne hampir menambah koleksi gol Belgia. Namun, bola hasil sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih bisa dijinakkan oleh Randolph. Hingga pertandingan usai, skor 3-0 untuk Belgia pun bertahan. 

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Belgia menciptakan tujuh peluang emas dari 18 percobaan, dengan penguasaan bola 54 persen. Sementara itu, Irlandia hanya melepaskan dua tembakan akurat ke gawang Thibaut Courtois dari total 11 upaya. 

Susunan pemain
Belgia: 1-Thibaut Courtois, 5-Jan Vertonghen, 2-Toby Alderweireld, 3-Thomas Vermaelen, 16-Thomas Meunier, 19-Mousa Dembele (4-Radja Nainggolan 56'), 6-Axel Witsel, 10-Eden Hazard, 7-Kevin De Bruyne, 11-Yannick Carrasco (14-Dries Mertens 64'), 9-Romelu Lukaku (20-Christian Benteke 82')
Pelatih: Marc Wilmots (Belgia)

Republik Irlandia: 1-Darren Randolph, 17- Stephen Ward, 3-Ciaran Clark, 4-John O'Shea, 2-Seamus Coleman, 19-Robbie Brady, 8-James McCarthy ( 11-James McClean 62'), 6-Glenn Whelan, 13-Jeff Hendrick, 20- Wes Hoolahan (7-Aiden McGeady 71'), 9-Shane Long (10-Robbie Keane 79')
Pelatih: Martin O'Neill (Irlandia Utara)

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer