Sukses


Antoine Griezmann 2 Gol, Prancis Paksa Irlandia Angkat Koper

Bola.com, Lyon - Prancis berhasil melaju ke perempat final Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan Republik Irlandia dengan skor 2-1, Minggu (26/6/2016) malam WIB.

Gol kemenangan Prancis dicetak oleh Antoine Griezmann (58', 61'). Sementara itu, gol Republik Irlandia dicetak oleh Robbie Brady pada menit kedua melalui titik putih.

Kemenangan ini membuat Prancis lolos ke babak delapan besar Piala Eropa 2016. Les Bleus akan menghadapi Inggris atau Islandia pada pertandingan yang digelar di Stade de France, Minggu (3/7/2016) atau Senin dini hari WIB.

Bermain di Stade de Lyon, Republik Irlandia mendapatkan hadiah penalti pada menit kedua. Wasit menunjuk titik putih setelah Paul Pogba melanggar Shane Long di kotak terlarang.

Robbie Brady yang maju sebagai esksekutor melakukan tugasnya dengan baik. Bola hasil sepakan 12 pas Brady melucur deras ke tiang kanan gawang Prancis sebelum akhirnya merobek jala Hugo Lloris.

Prancis mendapatkan peluang untuk mencetak gol penyama pada menit kedelapan melalui Dimitri Payet. Namun, bola hasil sepakan kaki kanan Payet dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh kiper Irlandia, Darren Randolph.

Pada menit ke-17, Prancis kembali mendapatkan peluang melalui Griezmann. Memanfaatkan tendangan bebas Payet, Griezmann lalu menanduk bola dan lagi-lagi bisa ditangkap oleh Randolph.

Prancis kembali menyia-nyiakan peluang mencetak gol pada menit ke-45+1. Tendangan Payet di depan gawang masih bisa diblok oleh barisan pertahanan Irlandia. Skor 1-0 untuk keunggulan Irlandia tetap bertahan.

Ketangguhan Randolph di bawah mistar gawang Irlandia kembali diuji pada menit ke-55. Kali ini giliran Blaise Matuidi yang melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti namun masih bisa ditepis.

Gol yang ditunggu-tunggu publik tim tuan rumah akhirnya tercipta pada menit ke-58 melalui Griezmann. Diawali umpan silang Bacary Sagna dari sisi kanan, Griezmann lalu menanduk bola yang gagal diantisipasi Randolph.

Prancis akhirnya membalikkan keadaan menjadi 2-1 pada menit ke-61 setelah Griezmann kembali mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan sundulan dari Olivier Giroud, Griezmann lalu melepaskan sepakan kaki kiri yang bersarang di sudut kanan gawang Irlandia.

Irlandia harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-66. Shane Duffy mendapatkan kartu merah melakukan tekel terhadap Griezmann.

Unggul jumlah pemain membuat Prancis semakin agresif. Pasukan Didier Deschamps itu hampir mencetak gol ketiga melalui Andre-Pierre Gignac pada menit ke-77. Namun, bola hasil sepakannya masih membentur mistar gawang Irlandia. Hingga pertandingan berakhir, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta.

Menurut statistik UEFA, Prancis tampil dominan sepanjang pertandingan dengan mencatatkan 60 persen penguasaan bola. Mereka juga sukses menciptakan 24 peluang yang 10 diantaranya akurat. Sedangkan Republik Irlandia meraih total enam peluang yang dua di antaranya tepat sasaran.

Susunan pemain

Prancis: 1-Hugo Lloris, 19-Bacary Sagna, 4-Adil Rami, 3-Patrice Evra, 15-Paul Pogba, 5-N'Golo Kante (20-Kingsley Coman 46') (18-Moussa Sissoko 90+3'), 14-Blaise Matuidi, 7-Antoine Griezmann, 8-Dimitri Payet, 9-Olivier Giroud (10-Andre-Pierre Gignac 73')
Pelatih: Didier Deschamps (Prancis)

Republik Irlandia: 23-Darren Randolph, 2-Seamus Coleman, 5-Richard Keogh, 12-Shane Duffy, 17-Stephen Ward, 8-James McCarthy (20-Wes Hoolahan 72'), 13-Jeff Hendrick, 19-Robbie Brady, 11-James McClean (4-John O'Shea 68'), 9-Shane Long, 21-Daryl Murphy (14-Jon Walters 65')
Pelatih: Martin O'Neill (Irlandia Utara)

Wasit: Nicola Rizzoli (Italia)

Video Populer

Foto Populer