Sukses


Outfield Superstar: Pembuktian Hazard

Bola.com, Marseille - Eden Hazard berlari ke pinggir lapangan dengan penuh kebahagiaan setelah mencetak gol untuk timnas Belgia ke gawang Hongaria pada laga 16 besar Piala Eropa 2016, Senin (27/6/2016). Dia pun disambut pelukan hangat dari rekan-rekannya.

Hazard menciptakan golnya tersebut pada menit ke-80 dengan spektakuler. Pemain asal klub Chelsea itu merangsek masuk ke dalam kotak penalti dari sisi kiri pertahanan Hongaria. Hazard kemudian mengelabui tiga pemain bertahan Hongaria dan melepaskan tembakan kaki kanan ke pojok kiri gawang.

Gol itu mengantar Hazard mengakhiri puasa panjang selama 716 menit. Pada ajang Piala Dunia 2014 di Brasil, Hazard melalui lima laga tanpa mencetak gol. Adapun pada ajang Piala Eropa 2016, Hazard melalui empat laga tanpa mencetak gol.

Tak hanya menciptakan gol, Hazard juga menjadi aktor bagi terciptanya Michy Batshuayi pada menit ke-78. Hazard mengelabui dua pemain bertahan Hongaria dari sisi kiri dan kemudian melepaskan umpan silang datar. Batshuayi yang berdiri bebas tanpa pengawalan dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang.

Kontribusi positif Hazard pada pertandingan ini mengantar timnas Belgia menutup pertandingan dengan skor telak 4-0. Dua gol The Red Devils lainnya diciptakan oleh Toby Alderweireld dan Yannick Carrasco. Lawan Belgia pada babak perempatfinal adalah Wales. Laga akan berlangsung di Stade Pierre-Mauroy, Villeneuve-d'Ascq, (1/7/2016).

Gelandang Belgia, Eden Hazard melakukan selebrasi usai mencetak gol kegawang Hungaria pada babak 16 besar Euro 2016 di Stadion Municipal di Toulouse, Prancis, (27/6). Belgia menang atas Hungaria dengan skor 4-0. (REUTERS/Vincent Kessler)

Sepanjang pertandingan, Hazard melakukan tiga tembakan ke arah gawang dan 11 kali diribble sukses ke jantung pertahanan Hongaria. Dia 18 kali melepaskan umpan dengan tingkat akurasi mencapai 90 persen.

Atas performa cemerlang itu, situs Whoscored memberikan nilai sempurna 10 kepada Hazard. Sementara itu, UEFA memilih pemain asal klub Chelsea itu sebagai Man of the Match.

"Seorang kapten tak hanya berbicara dengan mulutnya. Terkadang, dia harus lebih banyak melakukan sesuatu dengan kaki ketimbang mulut. Hazard mampu membuktikannya malam ini," ungkap pelatih Marc Wilmots.

"Saya bilang kepada Hazard bahwa saya ingin dia mencetak gol dengan merangsek masuk ke dalam kotak penalti. Dia tak pernah dekat untuk mencetak gol. Dia butuh bersenang-senang ketika tak berada di lapangan," ia menambahkan.

Eden Hazard memulai debutnya bersama timnas Belgia pada 18 November 2008 di bawah asuhan rene Vandereycken pada laga melawan Luksemburg. Kala itu dua menjadi pemain termuda kedelapan yang pernah memperkuat timnas Belgia dengan usia 17 tahun dan 316 hari.

Sejak saat itu, Hazard memiliki 70 caps memperkuat timnas Belgia dan menciptakan 14 gol.

"Mungkin pertandingan ini adalah yang terbaik sepanjang saya memperkuat timnas Belgia. Saya merasa senang sekali. Saya rasa sulit untuk tampil lebih baik lagi dari ini. Kami menciptakan banyak gol dan peluang, serta gawang Thibaut Courtois tak kebobolan," ungkap Hazard

Tampil Melempem Sepanjang Musim 2015-2016

Musim buruk Eden Hazard bersama klubnya, Chelsea, berawal pada 16 September 2015. Kala itu, dia gagal menciptakan gol melalui titik putih pada laga melawan Maccabi Tel Aviv pada laga perdana Grup G Liga Champions.

Sebulan kemudian, Hazard kembali gagal mengeksekusi penalti. Dia menjadi satu-satunya penendang gagal dari kubu Chelsea saat menghadapi Stoke City pada laga Piala Liga Inggris dan membuat The Blues tersingkir.

Tak lama berselang, Hazard berturut-turut didera cedera dan membuatnya harus cedera panjang. Setelah sembuh, Hazard kesulitan untuk menemukan kembali bentuk permainan terbaiknya.

Hal itu membuat Hazard harus melalui 30 laga atau 1,358 laga tanpa mencetak gol. Puasa panjang mencetak gol Hazard akhirnya berakhir padsa 31 Januari. Dia menciptakan gol ke gawang Milton Keynes Dons pada babak keempat Piala FA melalui titik putih.

Performa buku Hazard sepanjang musim 2015-2016 memantik berbagai spekulasi. Dia dijagokan bakal pindah ke Paris Saint-Germain (PSG) atau Real Madrid musim depan. Kabar itu semakin dikuatkan dengan pernyataan Hazard bahwa dia tak bisa menolak pinangan PSG.

Namun, kabar itu mereda seiring kehadiran Antonio Conte sebagai manajer baru. Setelah melakukan pertemuan empat mata bersama juru racik taktik berkebangsaan Italia itu, Hazard mantap bertahan bersama The Blues musim depan.

"Saya berharap untuk kembali ke performa terbaik saya. Saya tahu bahwa, bila saya memiliki Euro yang bagus, musim buruk saya akan dilupakan," ujar Hazard.

"Saya berada di 80-85 persen dari kemampuan saya. Kondisi fisik akan kembali seiring dengan banyaknya laga yang saya mainkan," ia menambahkan.

Hazard benar-benar berhasil membuktikan pernyataannya itu dengan menjadi aktor utama Belgia lolos ke babak peremptfinal. Kini, Hazard memiliki kans besar untuk membuktikan kepada dunia bahwa Belgia mampu menjadi jawara Eropa.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer