Sukses


Asapi Rosberg, Hamilton Amankan Podium Juara GP China

Bola.com, Shanghai - Lewis Hamilton tampil gemilang di GP China. Setelah sukses menorehkan waktu tercepat di tiga sesi latihan bebas dan meraih pole position, jagoan tim Mercedes GP itu mampu merengkuh podium juara. Hamilton berhasil mengungguli rekan setimnya, Nico Rosberg.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (12/4/2015) siang WIB, Hamilton terus mempertahankan posisi terdepan dari awal hingga akhir. Dia pun berhasil menjadi pebalap pertama yang melewati garis finis dengan catatan waktu 1 jam 39 menit 42,008 detik.

Pebalap Inggris Raya itu unggul hingga 0,714 detik atas Rosberg yang meraih podium kedua. Sedangkan driver tim Ferrari, Sebastian Vettel harus puas menyudahi lomba di urutan ketiga. 

Rekan setim Vettel, Kimi Raikkonan yang tercecer hingga 3,835 detik atas Hamilton merengkuh posisi keempat. Sementara Felipe Massa yang memacu mobil Williams FW37 melengkapi peringkat lima besar.

Berkat kemenangan yang kedua di musim ini, Lewis Hamilton masih nyaman memuncaki klasemen sementara pebalap dengan nilai 68. Disusul Vettel dan Rosberg yang masing-masing mengumpulkan 55 serta 51 angka.

2 dari 2 halaman

Jalannya balapan:

Selepas start, Hamilton dan Rosberg yang menempati posisi satu dan dua langsung tancap gas. Keduanya terus dibayangi Sebastian Vettel. Sementara Kimi Raikonnen yang mengawali balapan di tempat keenam langsung melesat dengan menyalip duo Williams, Felipe Massa dan Valtteri Bottas.

Dalam pertandingan ini, Nico Hulkenberg asal Force India menjadi pebalap yang harus mengibar bendera putih pertama kali di lap ke-10 karena masalah mesin. Hal serupa juga didapatkan oleh Daniil Kvyat yang membuatnya harus memarkirkan mobilnya. Sepanjang balapan, Hamilton yang menguasai sesi latihan tidak menemui kendala besar. 

Di lap ke-49, terjadi sebuah kecelakaan yang melibatkan Jenson Button dan Pastor Maldonado, akibat insiden ini nama terakhir harus mengakhiri balapan dengan prematur. Di tiga lap terakhir, Max Verstappen yang melenggang ke posisi delapan harus dihentikan secara paksa di pit straight dan itu artinya mobil pengaman diperbolehkan untuk masuk sampai Hamilton menyelesaikan balapan.

Selesainya balapan dengan keberadaan mobil pengalaman ini merupakan yang keenam sepanjang sejarah Formula 1.

Hasil Balapan GP China:

1 Lewis Hamilton Mercedes 1:39.42.008s

2 Nico Rosberg Mercedes 0.714s

3 Sebastian Vettel Ferrari 2.988s

4 Kimi Raikkonen Ferrari 3.835s

5 Felipe Massa Williams 8.544s

6 Valtteri Bottas Williams 9.885s

7 Romain Grosjean Lotus 19.008s

8 Felipe Nasr Sauber 22.625s

9 Daniel Ricciardo Red Bull 32.117s

10 Marcus Ericsson Sauber 1 Lap

11 Sergio Perez    Force India 1 Lap

12 Fernando Alonso McLaren 1 Lap

13 Jenson Button McLaren 1 Lap

14 Carlos Sainz Toro Rosso 1 Lap

15 Will Stevens Marussia 2 Laps

16 Roberto Merhi Marussia 2 Laps

17 Max Verstappen Toro Rosso 4 Laps

Gagal Finis:

Pastor Maldonado Lotus
Daniil Kvyat Red Bull
Nico Hulkenberg Force India

Baca juga:

"Vettel Berpeluang Raih Trofi Juara Dunia Kelima"

Kalah di Malaysia, Mercedes GP Lakukan Pembenahan

Asapi Hamilton, Vettel Juara GP Malaysia

 

Video Populer

Foto Populer