Sukses


Soal Ban Pecah, Pirelli Mengaku Tidak Bersalah

Bola.com, Spa - Produsen ban tunggal ajang balap Formula 1 (F1), Pirelli, mengaku tidak bersalah terkait insiden pecah ban yang dialami pebalap Mercedes, Nico Rosberg, pada free practice (FP) kedua GP Belgia, kemarin malam. Menurut Direktur Motosport Pirelli, Paul Hembery, kerusakan ban Rosberg tersebut sepenuhnya disebabkan faktor eksternal.

Argumen itu dijelaskan lewat akun Twitter resmi Pirelli, @pirellisport, seperti di bawah ini. 

Pada cuitan pertama di atas, Pirelli menjelaskan investigasi lengkap terkait insiden pecah ban Rosberg di FP 2 GP Belgia sudah mencapai kesimpulan. Adapun kesimpulannya, tidak ada masalah integritas struktural pada ban yang dipakai Rosberg maupun ban-ban yang digunakan pebalap F1 lainnya.

Selanjutnya, Pirelli menulis pernyataan resmi Hembery yang menyebut kerusakan ban Rosberg murni disebabkan faktor eksternal.

Insiden pecah ban yang menimpa Rosberg pada saat FP 2 menyisakan 25 menit lagi memang tidak sampai membuat sang pebalap terluka. Driver berkebangsaan Jerman itu juga masih sanggup melanjutkan sesi latihan bebas hingga akhirnya membukukan waktu tercepat, 1 menit 49.485 detik. Namun begitu, Rosberg mengaku sangat terkejut dengan kejadian tersebut.

“Tiba-tiba saya kehilangan kendali mobil saat melaju dengan kecepatan 190 km/jam. Saya beruntung tidak menabrak dinding pembatas. Kejadian ini membuat saya syok,” kata Rosberg seusai FP2 rampung.

“Saya tak merasakan apa pun sebelumnya, tak ada tanda-tanda. Saya rasa bakal ada penyelidikan besar-besaran,” imbuhnya.

Kejadian ini menjadi perhatian serius pihak Mercedes dan perusahaan ban asal Italia, Pirelli. Dari tayangan ulang video, sebelum pecah, ban kanan Nico Rosberg sudah mulai oleng beberapa lap sebelumnya.

Baca juga:

Giliran Lewis Hamilton Kuasai FP 3 GP Belgia

Insiden Pecah Ban, Hamilton Menuntut Respons Cepat Pirelli

Ban Mobil Pecah di FP2, Nico Rosberg Syok

Video Populer

Foto Populer