Sukses


Hamilton Kampiun GP Rusia, Lewati Rekor Senna

Bola.com, Sochi - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, menjadi kampiun Formula 1 (F1) GP Rusia 2015 setelah finis tercepat pada balapan di Sirkuit Sochi, Minggu (11/10/2015). Posisi kedua ditempati pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, diikuti jagoan Force India, Sergio Perez, yang finis di urutan ketiga. 

Sementara itu, pebalap Ferrari, Nico Rosberg, yang merebut pole position gagal merampungkan balapan. Mobilnya bermasalah dan memaksanya menghentikan balapan di lap kedelapan. 

Hamilton finis tercepat dengan catatan waktu 1 jam 37 menit 11,024 detik. Sedangkan Vettel terpaut 5,9 detik di belakangnya. Perez cukup jauh di belakang Hamilton dan Vettel, lebih lambat 28,9 detik dibanding sang pemenang lomba.

Dengan hasil ini, Hamilton semakin dekat ke gelar juara dunia. Dia makin kukuh di puncak dengan koleksi 302 poin, unggul 66 poin atas Vettel di posisi kedua dan 73 poin atas Rosberg yang berada di peringkat ketiga. 

Dia juga membukukan total 42 kemenangan sepanjang kariernya. Torehan itu menyamai catatan kemenangan milik Vettel, sekaligus melampaui rekor idolanya, Ayrton Senna yang mengoleksi 41 kemenangan. 

Balapan di Sirkuit Sochi langsung diwarnai dengan drama di lap pertama. Terjadi insiden di tikungan kedua yang memaksa safety car keluar. Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, yang menempati pole position berhasil menahan Lewis Hamilton yang ingin menyodok ke urutan pertama. Adapun Kimi Raikkonen masih di urutan ketiga. 

Balapan kembali restart di lap keempat setelah safety car meninggalkan lintasan. Pebalap Williams, Valtteri Bottas, berhasil menyalip Raikkonen. Tak lama kemudian, Rosberg yang masih memimpin balapan mengalami masalah di mobilnya. Tuas pedalnya patah. Gara-gara kerusakan tersebut, Hamilton berhasil mendahului Rosberg di lap ketujuh. 

Memasuki lap kedelapan, Rosberg akhirnya berhenti dari balapan. Posisi kedua masih ditempati Bottas, diikuti Raikkonen. 

Kecelakaan 

Safety Car kembali masuk lintasan di lap ke-13. Kali ini pebalap Lotus, Romain Grosjean, mengalami kecelakaan. Mobilnya menabrak dinding pembatas di Tikungan 3. Petugas lapangan langsung membersihkan lintasan dari kepingan mobil Grosjean. Pada lap ke-17, safety car meninggalkan lintasan dan para pebalap kembali melaju. Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, langsung memanfaatkan situasi untuk menyodok ke urutan ketiga, dengan menyalip rekan setimnya, Raikkonen. 

Pada lap ke-37 komposisi pebalap mengalami perubahan drastis. Hamilton masih memimpin klasemen. Namun posisi kedua telah ditempati Vettel, sedangkan Bottas melorot ke urutan keempat. Posisi ketiga dihuni pebalap Williams lainnya, Felipe Massa.

Posisi Hamilton dan Vettel tetap terjaga, namun urutan ketiga hingga kelima terus mengalami perubahan. Di lap ke-48, Carlos Sainz yang mengalami kecelakaan parah pada latihan bebas ketiga, gagal melaju hingga finis. Balapannya harus berakhir ketika mobilnya keluar lintasan.

Di lap terakhir, pebalap Force India Sergio Perez yang sempat menyodok ke urutan ketiga, harus menyerahkan posisinya ke Bottas, kemudian juga disalip Raikkonen. Tetapi, Perez bisa kembali ke urutan ketiga setelah Bottas dan Raikkonen bertabrakan.

Balapan berakhir dengan Hamilton menjadi juara, disusul Vettel dan Perez.   

Hasil GP Rusia 2015, Minggu (11/10/2015)
(Pebalap-Tim-Catatan Waktu)

1. Lewis Hamilton Mercedes 1 jam 37 menit 11,024 detik
2. Sebastian Vettel Ferrari +5,9 detik
3. Sergio Perez Force India +28,9 detik
4. Felipe Massa Williams +38,8 detik
5. Kimi Raikkonen Ferrari +42,3 detik
6. Daniil Kvyat Red Bull +47,5 detik
7. Felipe Nasr Sauber +56,5 detik
8. Pastor Maldonado Lotus +1 menit 1,0 detik
9. Jenson Button McLaren +1 menit 19,4 detik
10. Fernando Alonso McLaren +1 menit 26,2 detik
11. Max Verstappen Toro Rosso +1 menit 28,4 detik
12. Valtteri Bottas Williams +1 lap
13. Roberto Merhi Manor +1 lap
14. Will Stevens Manor +1 lap

Baca Juga: 

Hamilton: Start Kedua Bukan Hal Buruk

GP Rusia: Tidak Cedera, Sainz Ingin Ikut Balapan

Raih Pole Position di GP Rusia, Rosberg Puas

Video Populer

Foto Populer