Sukses


Bantu Rio Haryanto ke F1, Fans Berinisiatif Bikin Crowdfunding

Bola.com, Jakarta - Masalah pendanaan yang membelit pebalap Indonesia, Rio Haryanto, untuk bisa menembus arena Formula 1 (F1), membuat para fans ikut bergerak. Salah satunya, Catur Sunaryo, yang melontarkan ide menjajal crowdfunding atau mengumpulkan dana secara patungan.

Ide itu berawal ketika Catur membaca berita tentang Rio di media. Dalam pemberitaan itu disebutkan pebalap GP2 yang memperkuat tim Campos Racing itu masih mengalami kesulitan dana untuk membiayai promosi ke ajang F1. Padahal Rio sudah mendapat tawaran dari tim F1, Manor Marussia. Negosiasi sudah berlangsung tapi belum menemui titik temu karena pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu belum mempunyai dana sekitar Rp 400 miliar yang harus disetorkan ke Manor.

Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah pernah mengundang Rio ke istana dan berjanji bakal ikut membantu. Saat itu, Jokowi menginstruksikan Menteri BUMN untuk membantu mencari dana buat Rio. Namun, hingga kini belum ada tanda-tanda janji tersebut terealisasi.

“Kami baca di media, dari pemerintah belum ada realisasi. Padahal waktu bernegosiasi dengan tim-tim F1 tidak bisa lama. Paling lambat Desember, dan kalau bisa November dananya sudah ada.  Kursi-kursi balap untuk musim 2016 sudah mulai terisi. Saya khawatir Rio akan kehabisan waktu dan kita kehilangan kesempatan untuk menyaksikan Merah Putih berkibar di F1,” kata Catur, saat dihubungi bola.com, Kamis (15/10/2015).

Oleh karena itu, muncul ide untuk membuat crowdfunding, seperti yang dilakukan pebalap Jepang, Komui Kobayashi, pada 2012. Saat itu Kobayashi berhasil kembali ke F1 bersama tim Caterham berkat sumbangan uang dari para fans.
Catur mengatakan proyek crowdfunding ini baru dalam tahapan survei untuk mengukur respons fans dan pihak-pihak lain. Survei dilakukan melalui Kaskus. Jika responsnya positif dan Rio belum juga mendapatkan dana yang dibutuhkan, proyek crowdfunding tersebut bakal benar-benar dilaksanakan.

“Jadi ini semacam buat trigger juga kalau memang tidak ada kabar baik juga dari pemerintah. Saya belajar dari pebalap Jepang, Komui Kobayashi, yang sukses mendapatkan dana dari crowdfunding ini,” ujarnya.

Pria berusia 33 tahun tersebut mengaku sudah berkomunikasi dengan ibunda Rio, Indah Pennywati, tentang ide crowdfunding tersebut. Menurutnya, tanggapan Indah sangat positif. Apalagi semua ini murni dari fans yang ingin melihat Rio tampil di balapan mobil paling bergengsi di dunia.

“Kami tunggu dulu perkembangan sampai akhir bulan ini. Jika tak ada kabar baik juga (tentang dana), kemungkinan crowdfunding ini akan kami jalankan. Ini tujuannya serius. Yang pasti bakal ada koordinasi dengan pihak Rio, melalui Bu Indah. Saya sudah berbicara juga dengan Bu Indah soal ini,” beber dia.

Ibunda pebalap Indonesia Rio Haryanto, Indah Pennywati, menagih komitmen pemerintah untuk membantu sang putra tampil di ajang F1.

Catur mengaku sudah mengikuti sepak terjang Rio sejak lama dan sudah beberapa kali bertemu langsung dengan pebalap berusia 22 tahun tersebut. Pria yang bekerja di bidang pembangkit listrik ini juga menjadi salah satu admin Twitter @sahabatrio, fanbase Rio di dunia maya.

Aksi Nyata

Dia mengaku bersemangat mendukung Rio Haryanto karena pebalap tersebut memang punya talenta hebat yang layak diapresiasi. Menurutnya, dalam 10 tahun ke depan belum tentu ada lagi pebalap yang berprestasi seperti Rio. Harapannya melihat Rio tampil di F1 semakin besar karena hal itu secara langsung bakal mengharumkan nama Indonesia.

“Sayang sekali kalau ini terlewatkan. Ini kesempatan emas buat indonesia punya pebalap di F1. Selain itu untuk jadi driver F1 memang butih dana besar, bahkan sekaliber Fernando Alonso dan Michael Schumacher dulu awal masuk ke F1 juga bayar dulu. Tiap tahun slot pebalap di F1 sangat sedikit. Makanya kalau tidak segera terealisasi kapan lagi. Mungkin kalau ini lepas tidak pernah pernah ada wakil Tanah Air di balapan bergensi itu,” bebernya.

Catur juga meminta pemerintah serius memperhatikan atlet berprestasi seperti Rio, dengan aksi nyata. “Saatnya pemerintah mengapresiasi. Tapi, jangan hanya lewat ucapan selamat. Buktikan dengan aksi nyata saat Rio kesulitan dana seperti ini,” ujar dia.

Sementara itu, Rio mengapresiasi inisiatif fans untuk mencari dana lewat crowdfunding. Hal itu diungkapkan Rio saat membalas email dari bola.com tentang perkembangan upayanya tampil di ajang F1.

“Saya masih mengharapkan kabar baik dari pemerintah maupun swasta. Di sisi lain, saya juga mengapresiasi ide dari fans untuk menjalankan program crowdfunding ke F1 yang telah terbukti sukses dalam berbagai kasus. Bagaimanapun perkembangannya nanti, saya akan selalu berjuang memberi yang terbaik bagi Indonesia,” kata Rio.

Baca Juga: 

Alex Asmasoebrata: Pemerintah Harus Membantu Rio Haryanto

Ibunda Rio Haryanto Tagih Komitmen Pemerintah Terkait Dana ke F1

Pemerintah Belum Bisa Janjikan Dana untuk Rio Haryanto

 

Video Populer

Foto Populer