Sukses


Ibunda Rio Haryanto Tagih Komitmen Pemerintah Terkait Dana ke F1

Bola.com, Sochi - Ibunda pebalap Indonesia Rio Haryanto, Indah Pennywati, menagih komitmen pemerintah untuk membantu sang putra tampil di ajang mobil paling bergengsi, Formula 1 (F1). Hal itu diungkapkan Indah setelah Rio berhasil naik podium kedua di Sprint Race GP2 Rusia, Minggu (11/10/2015).

Pebalap Campos Racing asal Solo tersebut tampil gemilang di dua sesi balapan GP2 Rusia. Pada sesi Feature Race, Sabtu (10/10/2015), Rio yang start dari urutan ke-13 berhasil menyodok hingga finis di posisi kelima. Hasil itu membuatnya berhak start di posisi keempat di Sprint Race sehari berselang. Rio kembali tampil apik dan sukses naik podium kedua.

Pebalap berusia 22 tahun tersebut kini naik ke urutan ketiga klasemen sementara GP2, alias naik satu level dibanding posisi sebelumnya.  Indah berharap prestasi Rio ini bisa mengetuk hati pemerintah supaya berkomitmen membantu sang putra supaya bisa tampil di ajang F1.

“Rio kembali menunjukkan prestasinya yang luar biasa untuk Indonesia. Kami orang tua Rio sangat berharap pemerintah Indonesia memahami akan hal ini dan terus membantu anak bangsa yang telah berkali-kali mengumandangkan Indonesia Raya di kompetisi internasional,” kata Indah, dalam rilis kepada bola.com.

“Saya berharap Indonesia bisa seperti negara lain yang sangat membantu pebalap-pebalap lokal mereka sebagai duta bangsa di kejuaraan dunia F1,” imbuh Indah.

Sepak terjang Rio di arena GP2 musim ini menarik perhatian dua tim F1. Rio sempat didekati Force India, namun kans bergabung melayang karena masalah dana.

Pada akhir bulan lalu, Rio juga sudah bertemu dengan perwakilan Manor Marussia. Tapi lagi-lagi belum ada kesepakatan karena pengidola Ayrton Senna itu terkendala dana. Jika tak kunjung ada solusi bukan tak mungkin kans untuk mencicipi ajang F1 bakal melayang begitu saja.

Dalam kesempatan sebelumnya, Indah menyatakan dana yang dibutuhkan Rio untuk bertanding di ajang F1 lebih dari Rp 400 miliar. Presiden Joko Widodo, telah menginstruksikan Menteri BUMN untuk membantu Rio mencari dana yang dibutuhkan. Namun sampai sekarang janji tersebut belum terealisasi.

Baca Juga: 

Hasil GP2 Rusia Diinvestigasi, Rio Haryanto Berpeluang Juara

Finis Kedua, Rio Haryanto Kembali Naik Podium

Mobil Kompetitif, Rio Berharap Naik Podium di Sprint Race

Video Populer

Foto Populer