Sukses


Alex Asmasoebrata: Pemerintah Harus Membantu Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Dukungan penuh diberikan mantan pebalap nasional, Alex Asmasoebrata, kepada Rio Haryanto yang tengah berjuang naik kelas dari ajang GP2 ke Formula One (F1). Dia mendesak pemerintah serius membantu Rio dengan cara mengucurkan dana supaya pebalap asal Solo tersebut bisa promosi ke ajang balapan jet darat. 

Kans Rio menembus arena F1 terbuka lebar setelah datang tawaran dari tim Manor Marussia. Kedua belah pihak telah memulai proses negosiasi. Namun, belum ada kepastian karena kubu Rio belum memiliki dana untuk bisa mengklaim satu kursi di Manor. Dana yang dibutuhkan diperkirakan lebih dari Rp 400 miliar. 

Pihak Rio mengaku tak memiliki dana sebesar itu. Sang ibunda Rio, Indah Pennywati, berharap pemerintah bisa membantu memenuhi kebutuhan dana tersebut. Apalagi beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi), sudah menugasi Menteri BUMN untuk membantu mencari dana untuk Rio. Tapi sampai sekarang belum ada realisasinya.    

Alex menilai Rp 400 miliar sebenarnya terbilang kecil dan bukan masalah besar bagi pemerintah untuk mencairkannya.

"Jelas-jelas duitnya itu ada. Menpora harus segera ajukan anggaran kepada DPR secepatnya. Ini seharusnya bukan masalah besar, saya tahu benar anggaran CSR BUMN itu jumlahnya triliunan. Jadi apa susahnya?" ucap Alex saat dihubungi bola.com, Kamis (15/10/2015).

"Saya pernah bertemu dengan Bapak Jokowi. Beliau sudah memberikan respons positif terkait dana, hanya saja bawahannya itu tak pernah bergerak," lanjutnya.

Sebelumnya, Humas Kemenpora Gatot Dewa Broto menyatakan pemerintah belum bisa membantu Rio karena masih memprioritaskan anggaran untuk mewujudkan event MotoGP di Sentul pada 2017 mendatang.

Alex mengaku sepenuhnya mendukung pemerintah untuk menggelar MotoGP 2017, namun jangan sampai nasib Rio jadi terkatung-katung.

"Saya setuju-setuju saja. MotoGP 2017 bagus karena kita bisa membuat dunia melihat kita. Tapi kita punya anak bangsa seperti Rio yang sudah punya nama di level internasional. Jangan lupakan pengorbanan dia dan keluarganya," ucap ayah pebalap gokart wanita Indonesia, Alexandra Asmasoebrata, tersebut. 

Baca Juga: 

Ibunda Rio Haryanto Tagih Komitmen Pemerintah Terkait Dana ke F1

Hasil GP2 Rusia Diinvestigasi, Rio Haryanto Berpeluang Juara

Rio Haryanto Ditawari Gabung Manor, Dana Jadi Kendala

Video Populer

Foto Populer