Sukses


Review 16 Besar AFC Cup 2015 - Persib vs Kitchee SC

Bola.com, Jakarta - Laju Persib Bandung di Piala AFC 2015 harus terhenti, setelah mereka takluk 0-2 dari tim asal Hong Kong Kitchee SC pada babak 16 besar yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Rabu (27/5) Sore. Gol-gol dari Carlos Belencoso dan Lam Ka Wai membuat langkah Maung Bandung di pentas Asia terhenti.

Tampil sebagai tuan rumah, Persib mencoba mengambil inisiatif penyerangan terlebih dahulu. Akan tetapi percobaan dari Atep dan kolega masih sulit menembus pertahanan Kitchee yang digalang legiun asing asal Spanyol, Fernando Recio. Keasyikan menyerang membuat skuat asuhan Emral Abus sering kecolongan dalam bertahan, Kitchee bahkan hampir saja membuka keunggulan pada menit-25 andai gol Christian Kwesi tidak dianulir oleh wasit karena sudah terjebak off-side terlebih dahulu.

Lima menit berselang petaka dimulai, sundulan Juan Carlos Belencoso berhasil membobol gawang Persib pada menit ke-31. Tuan rumah pun tertinggal 1-0.

Bahkan, Lam Ka Wai berhasil kembali membuat Kitchee unggul melalui tendangannya pada menit ke-43. Skor kembali berubah menjadi 2-0 sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan dari tim tamu.

Pertahanan yang disiplin dan efektivitas serangan menjadi kunci Hong Kong Barca menaklukan Maung Bandung di kandangnya sendiri. Dalam pertandingan kemarin 2 dari 3 shot on target yang dilepaskan Huang Yang dan kawan kawan berhasil menjadi gol. Meskipun kehilangan bola sebanyak 30 kali pertahanan Kitchee mampu meredam agresivitas trio penyerang Persib Tantan-Ridwan-Atep dengan mencatatkan 36 Intersep dan 26 sapuan.

Di sisi lain, tampil tanpa defender asing Vladimir Vujovic yang terkena akumulasi kartu, lini pertahanan Persib seakan bermain tanpa koordinasi.duet Ahmad Jufriyanto-Abdul Rahman, sebanyak 8 kali kalah duel udara dan masing masing hanya mampu mencipatak 3 intersep. Rapatnya pertahanan tim tamu juga membuat Maung Bandung frustasi, dan hanya mampu melepaskan 12 sepakan yang hanya dua diantaranya mengarah ke gawang.

Memasuki babak kedua, Persib yang tertinggal dua gol mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Namun upaya Persib masih bisa diredam tim yang bermarkas di Mong Kok Stadium ini. Di sisa sepuluh menit pertandingan, Persib mengurung pertahanan tim tamu. Namun, tidak bisa menghasilkan gol. Malah Kitchee yang mengandalkan serangan balik, mampu beberapa kali mengancam gawang I Made Wirawan. Dengan hasil ini Indonesia hanya menyisakan Persipura Jayapura di Piala AFC 2015.

Man of The Match – Fernando Recio

Aktor utama dibalik solidnya pertahanan Kitchee ketika menaklukan Persib di kandanganya sendiri adalah defender asing mereka asal Spanyol, Fernando Recio Comi. Pemain kelahiran Barcelona, 17 Desember 32 tahun lalu ini sukses mengoordinasi pertahanan perwakilan Hong Kong dengan sangat baik.

Tidak sampai di situ performa individual Fernando Recio kala meredam agresivitas lini serang Persib pada pertandingan terbilang spesial. Dia mencatatkan 11 intersep dan 7 sapuan yang merupakan angka tertinggi dalam pertandingan tersebut.

Tidak hanya sampai disitu, dirinya berhasil memenangkan 7 dari 8 duel udara yang dilakukan, ditambah 2 tekel sukses dari 4 kali percobaan, bahkan Recio mencatatkan 40 operan sukses, menyamai torehan dari gelandang Xu Deshuai. Ditambah dirinya sama sekali tidak pernah kehilangan bola dalam pertandingan tersebut.

Performa spesial Fernando Recio bisa saja menjadi kunci Kitchee SC untuk terus melaju di kompetisi kasta kedua di Asia ini. 

Statistik Lab Bola:

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/887702/original/044512100_1432807076-20150518_PERSIB_V_KITCHEE-01.jpg

Baca Juga:

Kompetisi Tak Jelas, Spaso Enggan Tinggalkan Persib

Disingkirkan Kitchee, Made Wirawan Sebut Persib Tak Beruntung

Tersingkir dari Piala AFC, Pelatih Persib: Kami Kecolongan

 

 

 

 

 

 

 

              

Video Populer

Foto Populer