Sukses


Empat Klub Jadi Tuan Rumah Piala Indonesia Satu, Ini Alasannya

Bola.com, Jakarta - Piala Indonesia Satu diumumkan akan dimulai pada 15 Agustus 2015. Arema Cronus, Bali United, Persib Bandung, dan PSM Makassar ditunjuk sebagai tuan rumah fase grup dalam turnamen ini.

Sebelumnya, 12 klub telah memastikan diri ikut serta dalam turnamen Piala Indonesia Satu. Mereka adalah Arema Cronus, Bali United, Barito Putra Samarinda, Gresik United, Mitra Kukar, Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipasi Bandung Raya, Persiram Raja Ampat, dan PSM Makassar.

Seluruh peserta akan dibagi ke dalam empat grup yang berjalan dengan format home tournament ini. Masing-masing unggulan menjadi tuan rumah di babak penyisihan grup, yakni Arema Cronus, Bali United, Persib Bandung, dan PSM Makassar.

"Empat tuan rumah itu ada nilai komersialnya bagi kami. Kami tidak akan menurunkan standar, jadi bisa dibilang Piala Indonesia Satu adalah turnamen pra-musim sebelum liga dimulai lagi," kata Hasan Abdul Gani, Direktur Utama promotor turnamen, Mahaka Sports and Entertainment.

Dalam konferensi pers usai pertemuan antara Mahaka dan perwakilan klub peserta, Senin (7/7/2015) di Senayan, Jakarta, Hasani memaparkan alasan memilih empat klub tersebut sebagai tuan rumah. Selain nilai kompetisi, Hasani juga mengaku mempertimbangkan soal pengalaman menggelar turnamen, terutama perihal perizinan.

"Empat tim ini sudah berpengalaman dalam perizinan, jadi tidak usah diragukan lagi. Kami juga nanti akan meminta surat rekomendasi dari BOPI terlebih dulu,” tegasnya.

"Perihal keikutsertaan klub, memang masih ada keraguan dalam diri mereka mengingat kompetisi dan turnamen yang sebelumnya batal digelar. Jumlah peserta harus sudah pasti dalam satu bulan sebelum turnamen dimulai. Sebelum itu, saya juga harus ke BOPI untuk mengurus izin," ucap Hasani.

Nantinya, dari keempat grup akan disaring delapan tim terbaik. Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan langsung lolos ke perempat final yang digelar secara home-away. Perhitungan poin bagi klub yang menang adalah tiga angka, sedangkan menang adu pinalti dua angka.

Mahaka membatasi peserta yang ikut sebanyak 16 klub. Namun, jika ternyata seluruh klub ISL (18 klub) ikut, mereka mengaku akan tetap mengakomodasinya. Bila hal ini terjadi, ia menyatakan peserta akan digenapkan menjadi 20 klub.

"Kami juga akan mengantisipasi jika nantinya peserta bertambah. Jika 18 klub ISL ikut semua, harus ada dua klub tambahan agar formatnya berjalan karena tak boleh satu grup ada yang timpang. Bisa saja klub Divisi Utama diundang," lanjutnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Hasani mengaku telah mengantongi izin dari PSSI dan BOPI untuk menggelar Piala Indonesia Satu ini. Oleh karena itu ia memastikan kalau turnamen ini dapat berjalan lancar.

Baca Juga:

Sebanyak 12 Klub ISL Pastikan Berlaga di Piala Indonesia Satu

Mahaka Akan Tunjukkan ke Klub Bukti Dukungan PSSI dan BOPI

PSM Minta Promotor Piala Indonesia Satu Tak Libatkan Tim Transisi

Video Populer

Foto Populer