Sukses


Evan Dimas : Tekad Saya Berkarier di Jepang Sudah Bulat !

Bola.com, Surabaya - Tiga pemain muda Indonesia, yakni Evan Dimas Darmono, Hansamu Yama Pranata, dan Adam Alis mendapat undangan dari J-League untuk menjalani trial di Jepang. Seleksi atau trial dikabarkan paling cepat, baru digelar November atau Desember 2015.

Evan, salah satu yang mendapat undangan, menyatakan kesediaannya berkarier di Negeri Matahari Terbit, meski harus berjauhan dengan keluarga. Tentu, bila ada klub yang meminatinya dan negosiasi segala sesuatunya berjalan mulus.

Evan mengakui sempat merasa berat meninggalkan Indonesia. Tinggal jauh dari orang tua untuk pertama kali membuat sulung dari empat bersaudara itu bakal dilanda rindu dengan suasana rumah. Belum lagi masih harus adaptasi dengan sepak bola Jepang.

Namun, setelah dipikir matang dan melihat nasib sepak bola Indonesia yang tak kunjung jelas, Evan mulai membulatkan tekad.
"Saya sebenarnya ingin tetap bermain di Indonesia, tapi situasi ini tak menguntungkan buat karier saya ke depan,” ungkapnya.

Restu orang tua dan klub Persebaya Surabaya sudah dikantonginya. Evan kini tinggal mempersiapkan seluruh kebutuhan untuk hidup di Jepang. Tidak ada lagi yang bisa menghalangi niat sang pemain untuk berkarier di J-League.

"Kalau jadi ke Jepang, semoga saya cepat beradaptasi karena itu sangat penting agar saya bisa bertahan di sana. Sepak bola Jepang pasti sangat berbeda dengan Indonesia," katanya.

Demi memuluskan adaptasi, akhir-akhir ini mantan kapten timnas U-19 itu rajin melihat permainan tim Negeri Sakura lewat rekaman video. Ia juga mempelajari secara detail gaya hidup orang Jepang melalui internet. Hal itu dilakukan sebagai bekal di Jepang nanti. Dengan begitu, Evan yakin bisa tampil optimal selama bergabung dengan salah satu klub J-League yang memberinya kesempatan.

"Selain tak mau mengecewakan, saya juga tak ingin meninggalkan kesan buruk pada klub yang sudah membuka ruang untuk saya. Apalagi saya membawa nama bangsa," katanya.

Evan ingin menjadi salah satu pemain Indonesia yang meraih sukses di Jepang. Karena itu, semua yang berbau Jepang ia cermati. Evan juga mempersiapkan semuanya sebaik mungkin, termasuk mencoba untuk membiasakan dengan masakan Jepang.

"Sebelumnya saya sudah mencoba makan masakan Jepang. Saya rasa tidak ada masalah karena rasanya tidak aneh banget. Kalau pun berbeda dengan masakan Indonesia, saya masih bisa menelan dan menikmatinya," ungkapnya.

Namun, tak semua masakan Jepang pernah ia coba. Minimal, Evan mulai tahu bagaimana kehidupan orang Jepang, etos kerja, dan cara bermain di sana.

Evan, Adam, dan Hansamu, merupakan pesepak bola Indonesia kesekian yang mendapat undangan trial ke Jepang. Sebelum ketiganya, Andik Vermansah, Syakir Sulaiman, Irfan Bachdim, Syamsir Alam, Ryuji Utomo, dan Gavin Kwan Adsit sudah mencicipi pengalaman seleksi. Sejauh ini, baru Irfan yang berhasil bermain di J-League, bersama Ventforet Kofu kemudian di Consadole Sapporo.

Baca Juga :

SEA Games 2015: Evan Dimas Masuk Dalam 10 Atlet Paling Bersinar

Wawancara Evan Dimas: Saya Mau Liburan Dulu Usai SEA Games 2015

Mau Tahu Menu Buka Puasa 2015 yang Dihindari Evan Dimas?

 

Video Populer

Foto Populer