Sukses


Penonton ISL: Kanjuruhan Tertinggi, Persija vs Persib Terpadat

Bola.com, Jakarta - Stadion dan suporter adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari suatu tim sepak bola. Stadion adalah wadah bagi para suporter untuk menonton pertandingan tim kesayangan serta mencurahkan dukungan moral bagi tim yang akan bertanding.

Kapasitas stadion yang besar umumnya merepresentasikan jumlah suporter yang mendukung tim yang akan bertanding. Meski pernyataan tersebut tak sepenuhnya tepat, semakin besar suatu stadion, semakin besar pula potensi mereka dalam menampung jumlah suporter.

Dalam tulisan kali ini, Labbola akan membahas mengenai tim mana yang kerap mendapat dukungan yang banyak setiap pertandingannya. Parameter statistik dalam tulisan ini adalah jumlah pertandingan yang telah dihimpun sejak Indonesia Super League (ISL) edisi pertama musim 2008-2009 hingga musim 2015.

Kanjuruhan: stadion dengan jumlah penonton terbanyak

Aremania adalah salah satu kelompok suporter terbesar yang ada di Indonesia. Kelompok suporter yang menjadi pendukung Arema Indonesia ini berbasis di Malang dan mereka kerap memadati Stadion Kanjuruhan. Stadion berkapasitas 42.000 penonton ini di sepanjang penyelenggaraan LSI sejak edisi pertama, sudah menampung 2,022,347 penonton. Ini menjadikan stadion yang berlokasi di kecamatan Kepanjen, kabupaten Malang tersebut sebagai stadion dengan jumlah penonton terbanyak sejauh ini.

Hal itu sebenarnya tidak mengherankan, mengingat basis Aremania sangat besar, yang tidak hanya berlokasi di Malang. Aremania di kabupaten dan kota tetangga seperti Lumajang, Blitar, dan Pasuruan rela merelakan waktu untuk hadir mendukung Arema ke stadion yang berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Malang tersebut.

Dari 97 pertandingan yang sudah dilaksanakan di stadion tersebut, rata-rata 20,849 penonton hadir setiap pertandingannya atau sekitar 50 persen dari kapasitas stadion terisi. Angka itu menjadikan Kanjuruhan sebagai stadion dengan tingkat kepadatan per pertandingan tertinggi kedua di Indonesia, di bawah stadion Segiri, Samarinda, yang rata-rata menampung 54 persen dari kapasitas total stadion setiap pertandingannya.

Data jumlah penonton di Stadion Kanjuruhan (LabBola)

Stadion dengan jumlah penonton tertinggi kedua di Indonesia adalah Gelora Jakabaring, Palembang. Home base Sriwijaya FC tersebut sejauh ini telah menampung 1,481,797 penonton. Angka itu sebenarnya juga didukung oleh jumlah pertandingan semifinal dan final ISL musim 2014, serta stadion ini juga sempat beberapa kali menjadi markas PSMS Medan.

Stadion paling Timur di Indonesia, stadion Mandala, Jayapura, menjadi stadion dengan jumlah penonton tertinggi ketiga di Indonesia. Markas tim tersukses ISL, Persipura tersebut, sudah menampung 1,462,819 penonton hingga saat ini. Stadion berkapasitas 30.000 penonton tersebut sudah melangsungkan 106 pertandingan ISL.

Selama penyelenggaraan ISL, Persipura sempat "berbagi" Stadion Mandala dengan tim Papua lainnya, yakni Perseru, Persidafon, Persiwa serta Persiram. Keempat tim tersebut juga pernah menjadikan stadion yang berlokasi di tepi pantai ini sebagai markas mereka. Rata-rata jumlah penonton yang memadati stadion ini setiap pertandingannya adalah sebanyak 13,800 penonton.

30 Mei 2010, Gelora Bung Karno hampir Full House

Jika merujuk pada kepadatan suatu stadion dalam satu pertandingan, stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, menjadi tiga besar sebagai stadion yang mampu menampung jumlah manusia terbanyak dalam satu pertandingan ISL.

Pertandingan terakhir LSI musim 2009-2010, saat Persija menjamu sang juara liga saat itu, Arema, tercatat ada 85,000 penonton yang hadir. Itu berarti, 96,6 persen stadion terbesar di Indonesia itu terisi penuh! Rekor tersebut bahkan hingga sekarang belum ada yang melampui. Jangankan melampui, mendekati saja belum ada.

Data jumlah penonton di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang. (LabBola)

Persaudaraan antara Aremania dan The Jakmania yang menjadikan pertandingan tersebut begitu ramai. Ditambah, sebelum pertandingan pada 30 Mei 2010 itu terselenggara, Arema tepat memastikan gelar ISL 2010 saat mereka bertandang ke PSPS Pekanbaru atau tepat satu pertandingan sebelum Persija vs Arema. Tak ayal, kemenangan Arema itu juga disambut suka cita The Jakmania. Bahkan, kabarnya 50.000 Aremania datang ke Jakarta untuk bersama-sama menyanyi dan menari sembari merayakan pesta juara Arema. Meski, pertandingan tersebut berakhir 5-1 untuk keunggulan tim tamu, nuansa pesta begitu terasa pada sore itu.

Laga Persija-Persib selalu menarik perhatian suporter

Berikutnya, pertandingan sarat gengsi antara Persija Jakarta vs Persib Bandung berturut-turut menjadi pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak kedua dan ketiga.

Pertandingan Persija vs Persib yang diselenggarakan musim lalu di Stadion GBK sebenarnya hadir dengan suasana sedikit berbeda. Pertandingan yang biasanya berlangsung panas di antara kalangan suporter, sejenak menjadi dingin karena Jakmania melakukan tindakan dewasa dengan mengheningkan cipta sebelum pertandingan dan ikut bela sungkawa atas wafatnya Panglima Viking, Ayi Beutik, beberapa hari sebelum pertandingan. Total 66,143 penonton hadir di pertandingan yang berakhir imbang tanpa gol tersebut.

50 ribu penonton memadati GBK, pada 27 Mei 2012 saat kedua tim bersua di ajang ISL 2011-12. Angka itu menjadi angka dengan jumlah pertandingan terpadat ketiga sepanjang sejarah LSI hingga saat ini. Pascapertandingan yang berakhir 2-2 tersebut, kabarnya sempat memakan korban dari salah seorang kubu pendukung Persib.

Data jumlah penonton di Stadion Mandala, Jayapura (LabBola)

Baca Juga :

Feature: Kanjuruhan Kembali Bersolek Jelang HUT Arema

Kompetisi Terhenti, Stadion GSJ Tetap Terawat

Potret Mattoangin: Rumput Menguning dan Lampu Belum Standar

Video Populer

Foto Populer