Sukses


Statistik Vladimir Vujovic: Bek Terbaik Fase Grup Piala Presiden

Bola.com, Jakarta - Vladimir Vujovic tampaknya pantas disebut sebagai bek terbaik di penyisihan Piala Presiden. Dia mampu tampil lugas sepanjang babak penyisihan di Bandung dan membantu Persib juara Grup A. Tak hanya itu, dia merupakan tokoh penting di balik sukses Maung Bandung tak kebobolan dari tiga laga yang dilakoni.

Berikut ini adalah analisis performa Vladimir Vujovic dari tiga pertandingan dengan data yang dihimpung oleh Labbola:

Komponen penting Persib
Bek berkebangsaan Montenegro ini merupakan komponen penting bagi Persib yang juara Indonesia Super League (ISL) 2014. Ketika dia dilepas setelah kompetisi dihentikan, manajemen Persib memanggilnya kembali untuk tampil di Piala Presiden.

Dia selalu bermain 90 menit penuh saat menghadapi Persiba Balikpapan, Persebaya United, dan Martapura FC. Dia merupakan bek paling tangguh Persib dengan catatan 13 kali memotong bola, 14 sapuan, serta 3 kali memblok tembakan. Dalam tiga indikator tersebut, dia selalu jadi yang tertinggi di antara pemain Persib lainnya.

Dengan tinggi 190cm, Vlado, sapaan akrab Vladimir Vujovic, tangguh saat duel udara. Dia melakukan 22 sundulan sukses dengan persentase kemenangan duel udara 81%. Vlado juga tercatat melakukan tiga kali tekel sukses. Persentase tekelnya 50%. Selain itu, Vlado juga sempat sekali memblok umpan silang dan hanya dua kali melakukan pelanggaran.

Catatan operannya cukup impresif. Melepaskan 121 umpan sukses dari 147 kali percobaan umpan, jumlah yang hanya kalah dibandingkan Hariono di tim Persib yang melepaskan 135 operan sukses dari 147 operan yang dilakukan. Itu berarti akurasi umpannya 82%.

Perbandingan dengan bek tim lain
Jika Vlado begitu dominan di Persib, bagaimana jika dibandingkan dengan bek tim lain yang berlaga di Piala Presiden? Vlado tak selalu dominan. Dalam indikator di atas Vujovic kerap kalah dengan bek lain.

Untuk urusan tekel sukses dia kalah dibandingkan Asep Berlian dan Hanif Abdurrauf yang masing-masing melakukan 15 tekel sukses. Lalu untuk intersepsi, Ledi Utomo melakukan 21 kali. Ipan Priyanto lebih banyak dalam hal sapuan, yakni 33 kali. Abdoulaye Maiga, Fabiano Beltrame, dan Ledi Utomo memblok tembakan sebanyak 5 kali. Julia Mardianus juga punya catatan yang lebih baik dalam hal memblok umpan silang, yaitu 5 kali.

Tetapi, Vujovic layak dipilih karena bukan semata indikator tersebut. Dia bukan yang terbanyak di babak penyisihan, tapi dia punya kemampuan yang merata baik saat duel udara, memotong bola, memblok tendangan, hingga sapuan. Vlado, yang notabene sebagai bek tengah, tak gagap ketika memblok umpan silang di sisi sayap. Dia awas untuk mem-backup bek sayapnya yang kedodoran ketika menghadapi serangan balik.

Statistik Vladimir Vujovic selama babak penyisihan Grup A Piala Presiden hasil analisis Labbola. (Labbola)

Komandan lini belakang yang disiplin
Kemampuan lain yang amat penting dari dirinya adalah komando lini belakang. Vlado adalah pemimpin dan pengatur blok pertahanan Persib. Pandai membaca serangan lawan. Kemampuan inilah yang membuat pemain bertahan Persib cukup disiplin hingga tak membiarkan lawan bisa mudah menciptakan peluang. Hanya 5 peluang bersih yang pernah didapat oleh 3 lawan Maung Bandung. Jumlah yang amat minimal sehingga I Made Wirawan atau M. Natshir dan Shahar Ginanjar yang berjaga di bawah mistar pun merasa aman.

Bek kelahiran 23 Juli 1982 ini juga minim membuat pelanggaran. Hanya 2 pelanggaran dari tiga pertandingan. Persib total membuat 41 pelanggaran dengan Ilija Spasojevic dan Jajang Sukmara paling banyak dengan masing-masing 6 pelanggaran. Sedangkan di babak penyisihan Piala Presiden, Achmad Hisyam Tolle jadi pemain paling banyak melakukan pelanggaran, yaitu sebanyak 11 kali

Vlado juga pemain yang bersih. Tak sekalipun menderita hukuman kartu. Bandingkan dengan Alan Aciar, bek Persija yang mengoleksi empat hukuman kartu, bahkan diusir dari lapangan saat melawan Bali United akibat kartu kuning kedua.

Dengan berbagai alasan tersebut, Vladimir Vujovic layak disebut sebagai pemain bertahan terbaik sepanjang penyisihan Piala Presiden. Menarik menanti kiprahnya di babak perempat final yang memakai sistem kandang-tandang. Performanya akan sangat menentukan keberhasilan Persib di turnamen ini.

Baca Juga :

Statistik Persib Bandung di Fase Grup Piala Presiden

Statistik Choirul Huda: Kiper Terbaik Fase Grup Piala Presiden

Statistik: Raphael Maitimo, Pemain Naturalisasi Paling Konsisten

Video Populer

Foto Populer