Sukses


Statistik: Raphael Maitimo, Pemain Naturalisasi Paling Konsisten

Bola.com, Jakarta - Bali United sementara ini menjadi pemuncak klasemen Grup C Piala Presiden 2015 hasil kemenangan atas Persija Jakarta dan seri dengan Mitra Kukar. Sementara Persita Tangerang berada di peringkat ketiga dengan nilai dua hasil dari dua kali imbang melawan Mitra Kukar dan Persija.

Kedua tim akan bertemu di laga terakhir untuk menentukan siapa yang lolos dari Grup C. Bali United jelas di atas angin mengingat mereka berada di peringkat pertama dengan nilai empat. Hasil imbang saja akan memastikan mereka melangkah ke fase berikutnya.

Sedangkan Persita jelas butuh kemenangan guna memastikan satu tempat di babak delapan besar. Mereka akan bermain sebaik mungkin untuk bisa memastikan itu. Pelatih Persita, Bambang Nurdiansyah, tampaknya tetap kembali mengandalkan Raphael Maitimo agar timnya bisa memegang kendali permainan.

Performa Maitimo di Persita

Pemain bernama lengkap Raphael Guillermo Eduardo Maitimo ini baru bergabung dengan Laskar Cisadane pada perhelatan Piala Presiden kali ini. Tapi, dia langsung jadi pemain kunci, tampil dalam dua pertandingan Persita di Grup C.

Sebagai gelandang, Maitimo cukup baik dalam menciptakan peluang. Meski belum mencetak gol, dia sudah melepaskan total empat tembakan dengan satu di antaranya mengarah tepat ke gawang. Itu berarti rata-rata dua tendangan tiap pertandingannya dengan akurasi tembakan 33%.

Dalam dua pertandingan, gelandang kelahiran Rotterdam, 17 Maret 1984 ini, melepaskan 83 umpan dengan 68 di antaranya sukses dan 15 lainnya gagal. Rata-rata per pertandingan Maitimo melepaskan 34 umpan sukses dan 7,5 umpan gagal. Akurasinya lumayan, 82%.

Dia juga aktif ketika bola sedang dikuasai lawan. Dia sempat membuat dua kali tekel sukses dengan persentase sukses tekelnya adalah 50%. Dari dua pertandingan pula dia sempat lima kali kehilangan bola. Untuk yang satu ini jelas tak cukup baik, ada baiknya jika Maitimo tak terlalu memegang bola, terlebih di daerah pertahanan sendiri.

Grafis dari LabBola yang menunjukkan statistik Raphael Maitimo (LabBola)

Performa selama di timnas

Sejak dinaturalisasi pada 2012, Maitimo dikenal sebagai pemain yang punya performa cukup baik di timnas. Setidaknya dia konsisten dipanggil oleh pelatih yang sedang menangani Timnas Garuda. Perihal konsistensi ini, bisa dikatakan dia pemain naturalisasi paling konsisten di timnas di mana dia sudah mengikuti Piala AFF dua kali, 2012 dan 2014.

Menurut data yang dirangkum Labbola dari dua pertandingan di Piala AFF 2014 dan dua pertandingan persahabatan pada 2015 ini, statistiknya lumayan. Maitimo sempat mencetak satu gol dan satu umpan menjadi gol bagi Timnas Garuda. Dia total melepaskan dua tembakan ke gawang dengan satu di antaranya menemui sasaran.

Untuk statistik umpannya, mantan pemain Sriwijaya FC ini total melepaskan 121 umpan dengan 91 di antaranya menemui sasaran dan 30 gagal. Itu berarti akurasinya 75%, lebih buruk jika dibandingkan catatannya ketika membela Persita. Catatan lainnya, dia membuat tujuh tekel sukses dan tiga kali kehilangan bola.

Secara umum statistik Maitimo di timnas dengan saat bermain untuk Persita tak beda jauh, meski bisa dikatakan lebih baik saat di timnas. Pada laga melawan Bali United nanti jadi kesempatan terbaik bagi Maitimo untuk menunjukkan semua hal yang bisa dilakukan. Apakah berhasil mengantar Persita lolos atau justru luluh lantak di kaki Bali United yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri di stadion Kapten I Wayan Dipta.

Baca Juga :

Penonton ISL: Kanjuruhan Tertinggi, Persija vs Persib Terpadat

Catatan Gol Bambang Pamungkas Striker Kharismatik di ISL

4 Striker ISL yang Paling Rajin Bikin Gol di Kandang Lawan

Video Populer

Foto Populer