Sukses


Eka Ramdani Menantang Firman Utina, Ini Statistik Kedua Pemain

Bola.com, Jakarta- Mitra Kukar menjamu “tamu besar” dalam laga pertama semifinal Piala Presiden 2015. Stadion Aji Imbut, Tenggarong, akan kedatangan sang juara ISL 2014, Persib Bandung. Mitra Kukar lolos ke semifinal setelah unggul atas PSM, sementara Persib berhasil menggebuk Pusamania Borneo FC.

Duel kedua tim ditengarai akan berlangsung sengit. Sebagai tuan rumah, Mitra Kukar tidak ingin kehilangan muka di hadapan para pendukungnya. Selain itu, tim Naga Mekes juga ingin membalas kekalahan dari lawan yang sama di pertemuan terakhir kedua tim pada 10 Oktober 2014. Saat itu, Mitra Kukar takluk 2-3 dari Persib di Babak 8 Besar ISL 2014.

Di sisi lain, Persib juga ingin memuluskan langkah mereka di leg kedua. Meski di perempat final Persib mampu mengubah kekalahan di leg pertama menjadi kemenangan di leg kedua, hal yang sama tentu ingin dihindari oleh pelatih Djadjang Nurjaman. Persib mutlak akan mengincar gol tandang.

Dengan misi yang hampir sama, kedua tim menaruh harapan besar pada playmaker masing-masing untuk tampil gemilang. Di kubu tuan rumah, Eka Ramdani yang menjadi andalan. Sementara dari Persib, Firman Utina hampir dipastikan turun sebagai pemimpin lini tengah Pangeran Biru.

Bagaimana performa statistik kedua pemain yang menjadi anggota tim nasional Indonesia di ajang Piala Asia 2007 ini? Berikut ulasannya.

Eka Ramdani

Eka selalu turun menjadi starter di lima pertandingan sebelumnya. Mantan pemain Persib ini bermain selama 405 menit, di mana ia hanya sekali diganti di laga kedua perempat final di kandang PSM Makassar. Sejauh ini, Eka melepaskan 189 operan dengan akurasi 76%.

Eka belum mencatat assist di Piala Presiden sejauh ini. Kendati demikian, catatan menyerang dan bertahan Eka cukup berimbang. Pemain bernomor punggung 8 ini telah melepaskan 2 tembakan ke gawang, 5 tekel sukses, dan 9 kali intersepsi.

Satu hal yang perlu ditingkatkan dari Eka adalah ketenangannya dalam menguasai bola. Sejauh ini, Eka tercatat 11 kali kehilangan bola. Menghadapi Persib yang sering bermain menekan, Eka harus mampu bermain lebih tenang.

Firman Utina

Usia tampak mulai memengaruhi stamina Firman selama turun di Piala Presiden 2015. Dari lima pertandingan Persib, Firman tiga kali jadi starter dan dua kali turun dari bangku cadangan. Ketika menjadi starter, Firman dua kali diganti dan baru di pertandingan terakhir melawan PBFC bermain penuh.

Kendati demikian, Firman tetap mampu menunjukkan performa gemilang. Bersama Fadil Sausu dan Boaz Solossa, Firman sudah mengoleksi 3 assist yang menjadi angka tertinggi di antara pemain-pemain yang berlaga di semifinal.

Meski memiliki menit bermain yang lebih sedikit ketimbang Eka (288), Firman punya catatan operan yang lebih banyak daripada Eka. Sejauh ini, Firman sudah melepaskan 193 operan dengan akurasi 76%.

Patut dinanti duel kedua pemain “mungil” ini di atas lapangan. Apakah Eka mampu mengungguli seniornya? Atau Firman yang mampu menjadi pembeda?

Baca Juga:

Statistik Unik Pemain yang Tampil di Semifinal Piala Presiden

Statistik: 4 Kiper Tim Semifinalis Piala Presiden. Siapa Terbaik?

Statistik: Menguasai Permainan, Persib Layak Lolos ke Semifinal

Video Populer

Foto Populer