Sukses


Surabaya United Terancam Tekor Jika Main di Surabaya!

Bola.com, Surabaya - Harga sewa Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, jauh lebih murah ketimbang Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Bahkan tidak sampai separo biaya sewa Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Atas pertimbangan tersebut manajemen Surabaya United alias Bonek FC lebih memilih Sidoarjo sebagai kandang mereka saat mengarungi penyisihan Piala Jenderal Sudirman. Surabaya United tidak ingin tekor.

Biaya sewa Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, untuk sore hari hanya Rp 4 juta per jam. Biasanya, dalam satu pertandingan dihitung dua jam. Ditambah dengan biaya perlengkapan macam sound system, total biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 11 juta.

Untuk malam hari, biaya sewa stadion per pertandingan Rp 10 juta. Ditambah sound system Rp 3 juta dan lampu Rp 10 juta sampai Rp 10,5 juta. Total biaya satu pertandingan di malam hari Rp 23 sampai Rp 23,5 juta.

Karena di turnamen Piala Jenderal Sudirman nanti dalam satu hari ada dua pertandingan. Total dana yang dikeluarkan Surabaya United jika menggunakan stadion yang menjadi markas DeltrasĀ  Sidoarjo ini sekitar Rp 34,5 juta.

Bandingkan dengan harga sewa Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, di siang hari yang mencapai Rp 32,5 juta. Itu belum termasuk tarif pemasangan e-board yang dihitung permeter dan per harinya Rp 30 ribu. Belum termasuk pemasangan umbul-umbul atau spanduk yang permeter per harinya juga tarifnya dipatok Rp 30 ribu. Ditambah lagi retribusi lahan parkir perblok Rp 2,5 juta.

Padahal, ada beberapa blok yang digunakan untuk lahan parkir. "Jadi kalau mau sewa Stadion Gelora Bung Tomo, kita harus bayar pajak reklame ke Dispenda, dan masih wajib bayar lagi retribusi tempat ke Dispora. Kami tekor banyak. Itulah alasan kami sejak awal ingin memindahkan laga kandang di ajang Piala Jenderal Sudirman ke stadion lain," ujar Rahmad Sumanjaya, Sekretaris tim Surabaya United, Jumat (30/10/2015) di Mes Surabaya United.

Harga sewa stadion yang terletak di Surabaya Barat itu lebih mahal jika di malam hari. Karena ada tambahan penerangan yang dihitung Rp 2,5 perjam. karena untuk satu pertandingan dihitung tiga jam, total biaya lampu saja Rp 7,5 juta. Total biaya sewa SGBT saja di malam hari bisa mencapai Rp 40 juta.

Lagi-lagi, dana sebesar itu belum termasuk retribusi lainnya."Total biaya yang harus kami keluarkan untuk dua pertandingan, siang dan malam hari kalau di GBT Rp 72,5 juta. kalau diglobalkan semua biaya yang kami tanggung bisa sampai Rp 109 juta," keluh Rahmad.

Mahalnya harga sewa SGBT itu pula yang membuat manajemen Surabaya United harus menanggung kerugian besar di setiap pertandingan yang mereka lakoni di di sana. Pertimbangan pindah ke Sidoarjo, menggunakan Stadion Gelora Delta saat bertanding di Piala Jenderal Sudirman terasa lebih realistis dari sisi pendanaan

Video Populer

Foto Populer