Sukses


Tak Peduli Sanksi FIFA, Barcelona Ingin ke Indonesia

Bola.com, Jakarta - Indonesia selama ini sudah dikenal sebagai basis pendukung sejumlah klub Eropa. Tak heran bila negeri ini dijadikan sasaran perluasan pasar untuk mengeruk keuntungan bisnis oleh klub-klub raksasa Benua Biru. Barcelona adalah salah satu klub yang melihat potensi besar itu.

Seperti dikutip di Football Channel Asia, Rabu (11/11/2015), Managing Director Barcelona untuk kawasan Asia Pasifik, Xavier Asensi, terang-terangan menyatakan antusiasmenya membawa skuat utama Blaugrana ke Indonesia.

Seusai menyepakati kerja sama dengan sebuah produsen penyegar udara di Malaysia, Asensi berujar ingin membawa Barcelona lebih dekat ke wilayah Asia, terutama Indonesia.

Asensi mengungkapkan pihaknya mengetahui kondisi terkini Indonesia, yang terkena sanksi FIFA. Namun menurutnya, sanksi yang menimpa PSSI itu tidak akan menghentikan upaya Barcelona memperluas pasar ke Indonesia.

"Sepak bola bukan FIFA. Sepak bola lebih dari FIFA. Kami masih bisa pergi ke sana dengan menggelar semacam klinik kepelatihan atau membuat kesepakatan dengan partner yang tepat sehingga kami bisa mengembangkan bisnis di sana. Kami pun sudah memiliki situs berbahasa Indonesia," ujarnya.

Sanjungan untuk penggemar di Indonesia tak berhenti sampai di situ. Asensi menambahkan dari data yang dimiliki pihaknya, Indonesia menyumbang 10 persen dari jumlah total pengikut Barcelona di dunia maya.

Hanya, untuk memboyong skuat utama ke Indonesia pada musim panas 2016 dalam sebuah tur akan sangat sulit karena pada saat itu mayoritas pemain Barcelona membela timnas masing-masing di Piala Eropa 2016, ada pula Copa Amerika Centenario, dan Olimpiade. Asensi menyadari tak mungkin mendatangi Indonesia dengan membawa skuat seadanya.

"Kami mengganggap serius penggarapan pasar Asia. Kami akan melakukan tur bila mayoritas pemain utama kami bisa ikut serta. Terdekat, kami akan berada di Jepang untuk Piala Dunia antarklub pada Desember nanti," ungkapnya di FourFourTwo.

Barcelona terakhir kali mengunjungi Asia pada 2013, ketika mengalahkan timnas U-23 Thailand 7-1 dan Malaysia XI 3-1. Keputusan Barcelona ketika itu untuk tidak menyambangi Indonesia terbilang mengejutkan mengingat negeri ini memiliki cukup banyak fans klub asal Catalan itu.

Video Populer

Foto Populer