Sukses


Jalani Play-off ke MSL, RD Tinggalkan Indonesia Lebih Cepat

Bola.com, Jakarta - Pelatih T-Team di Malaysia Super League 2016, Rahmad Darmawan, memastikan tim yang dibesutnya mulai Desember 2015 itu akan menjalani play-off melawan ATM FA.

ATM FA merupakan kontestan Malaysia Super League (kompetisi kasta tertinggi di Malaysia). Di akhir musim 2015, ATM FA finis di peringkat ke-11 dari 12 kontestan. Hasil itu membuat ATM FA terdegradasi.

Sementara T-Team, yang finis di urutan ke-3 Malaysia Premier League 2015, gagal promosi karena jatah promosi hanya jadi milik juara dan runner-up.

Akan tetapi, baik T-Team maupun ATM FA mendapat peluang berlaga di MSL untuk menggantikan posisi LionsXII. Caranya, dengan memenangi laga play-off yang mempertandingan kedua kesebelasan beda kasta itu. Bila ATM FA menang, mereka bisa bertahan di MSL sedangkan bila T-Team yang menang, mereka bisa promosi.

Kebijakan itu baru diterapkan dalam empat musim terakhir karena pada MSL 2016, LionsXII, yang dalam empat musim terakhir "numpang" bermain di MSL, dipastikan tidak akan lagi jadi kontestan MSL sehingga satu slot tim berkurang.

Pada 2011, Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) menjalin kesepahaman (MoU) untuk bekerja sama. Salah satu bentuk kerja sama dengan saling mengirim tim yang jadi wadah pemain pilihan dan diproyeksikan untuk timnas.

LionsXII, yang merupakan tim Singapura, bermain di Malaysia. Sebaliknya, Harimau Muda bermain di S-League (liga Singapura).
Keluarnya LionsXII dari MSL mulai musim depan merupakan keputusan dari seluruh anggota Komite Eksekutif Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) yang menggelar pertemuan pada Selasa (24/11/2015) malam di Kuala Lumpur.

"Saya sudah diberi tahu manajemen klub, kami akan melakukan partai play-off melawan ATM FA. Jika kami menang, langsung promosi ke Liga Utama Malaysia," kata Rahmad.

"Saya diminta manajemen klub berangkat lebih cepat ke Malaysia mempersiapkan tim bermain di play-off. Jika sebelumnya saya berangkat pada 7 Desember, berubah jadi 3 Desember," tambah pelatih yang akrab disapa RD itu.

Namun, RD belum mengetahui kapan laga tersebut dilangsungkan lantaran manajemen T-Team belum menjelaskan secara rinci kapan partai itu akan dipertandingkan.

"Kabarnya akhir bulan Desember 2015 atau Januari awal 2016, tapi saya belum tahu pastinya," jelas Rahmad Darmawan, yang pernah melatih Persipura dan Sriwijaya FC itu, kepada bola.com.

Video Populer

Foto Populer