Sukses


Perbandingan Rapor Andik Vermansah dengan Bepe di Selangor FA

Bola.com, Jakarta - Andik Vermansah yang popularitasnya sedang menanjak di Liga Malaysia bersama Selangor FA, tengah menantang sejarah. Ia berburu gelar juara perdana buat The Red Giants, menyamai pencapaian seniornya Bambang Pamungkas di klub yang sama pada tahun 2006.

Jika bicara soal prestasi Andik Vermansah yang berkostum Selangor FA dua musim terakhir (2014 dan 2015) kalah jauh dibanding Bambang Pamungkas alias Bepe.

Pada musim pertama, Bepe yang dikontrak Selangor FA bareng pemain Indonesia lainnya, Elie Aiboy mempersembahkan treble gelar. Selangor FA pada musim 2005 juara Malaysia Premier League (kompetisi kasta kedua), Piala Malaysia, dan Piala FA Malaysia.

Pada musim tersebut Bepe jadi pemain paling tajam di seantero Negeri Jiran. Total ia mencetak 61 gol. Ketajamannya berbuah gelar top scorer Malaysia Premier League, Piala Liga Malaysia, dan Piala FA Malaysia. Sementara selama dua tahun Andik total mengoleksi 25 gol dari 45 penampilan.

Bambang Pamungkas, meraih tiga gelar bersama Selangor FA di musim 2006. (Selangor FA)

Di ajang Piala Liga Malaysia, striker yang identik dengan nomor punggung 20 itu jadi The Best Player di Piala Malaysia. Jika mengacu pada gelar-gelar itu Andik Vermansah jelas kalah jauh dibanding Bepe.

Namun, jika bicara tingkat persaingan, Andik kini mengarungi kompetisi yang lebih ketat dibanding Bambang Pamungkas. Selangor FA saat ini berlaga di kompetisi kasta tertinggi, Malaysia Super League. Sementara seniornya kala itu hanya tampil di kompetisi level kedua.

Saat berlaga di Malaysia Super League musim 2006 Bepe bisa dibilang kurang sukses. Selangor duduk di posisi 8 klasemen akhir dari 12 tim peserta.

Di sisi lain pada dua musim terakhir, Selangor era Andik Vermansah jadi runner-up Malaysia Super League! Hanya saja, Andik jelas belum merasa puas karena ia belum mempersembahkan trofi buat klubnya seperti yang dilakukan Bambang.

Pada musim lalu, langkah Selangor terhenti di babak perempat final Piala Malaysia. Sementara di ajang Piala FA Malaysia lebih parah lagi, Tim Merah-Kuning terpental di ronde kedua turnamen.

Musim 2015 saat berlaga di Piala FA Malaysia, Selangor kembali kandas di ronde kedua. Harapan meraih gelar juara tinggal diarahkan ke turnamen Piala Malaysia. Saat ini Selangor FA masih berjuang memenangi Piala Malaysia 2015. Langkah klub berjulukan The Red Giants itu sudah sampai fase semifinal.

Pada laga semifinal leg pertama yang digelar Rabu (2/12/2015), Selangor FA mampu menahan 0-0 Pahang FA di Stadion Darul Makmur, Pahang. Pada pertemuan kedua giliran Selangor yang jadi tuan rumah. Mereka cukup butuh kemenangan skor tipis minimal 1-0 untuk melaju ke partai puncak.

Pelatih Selagor FA, Mehmet Durakovic menyebut nama Andik Vermansah sebagai salah satu pemain pilar yang diharapkan tampil maksimal di laga leg kedua yang digelar di kandang sendiri, akhir pekan ini.

Andik Vermansah, mencapai kata sepakat perpanjangan kontrak dengan Selangor FA. (Selangor FA)

"Saya gembira karena pemain mengikut arahan taktik yang saya  diterapkan sehingga kami sukses meraih hasil seri pada pertandingan  pertama. Hasil seri pertanda baik bagi kami. Kemungkinan besar pemain yang sama akan diturunkan pada laga yang digelar Ahad nanti. Ini karena mereka berada dalam kondisi terbaik, jadi saya tidak mau pemain penting sekadar memanaskan bangku cadangan," kata Durakovic seperti yang dilansir situs BHOnline.

Secara spesifik sang mentor menyebut nama Andik Vermansah serta Afiq Azmi, Guillherme De Paula, dan Leandro Dos Santos sebagai  pemain-pemain andalan Selangor FA pada leg kedua semifinal Piala Malaysia. "Insya Allah kami bisa juara. Doakan," ujar Andik saat dikontak via jaringan WhatApps.

Jika sukses juara pemain yang dijuluki Messi Indonesia itu mengulang kesuksesan Bambang Pamungkas di ajang yang sama. Amat mungkin Andik Vermansah bakal lebih sukses dari Bepe, mengingat ia baru saja memperpanjang kontrak dengan Selangor buat jangka waktu dua tahun ke depan.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer