Sukses


Rencana Firman Utina setelah Meninggalkan Persib

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang saat Firman Utina memutuskan mundur dari Persib Bandung, beberapa hari yang lalu. Padahal, Firman pernah berkata ingin pensiun sebagai pemain di Persib. 

Setelah meninggalkan Persib, Firman belum mengetahui akan berlabuh ke mana. Saat ini, ia fokus mengurus keluarga dan bisnis. Maklum, dalam dua bulan terakhir, jadwalnya cukup padat karena Persib mengikuti turnamen. Firman juga membela klub tarkam di dua kota, Makassar dan Banjarnegara, Jateng.

“Jadi, status saya setelah keluar dari Persib adalah pemain ngantri alias mengantar istri,” kata Firman sambil bercanda.

Firman mengakui, situasi sepak bola Indonesia yang masih kacau membuat pemain seumuran dia menjadi bingung. Sebelum Indonesia disanksi FIFA, Firman berencana mengikuti kursus lisensi pelatih AFC. Apa boleh buat, program kursus yang sudah dirancang PSSI terpaksa berhenti karena status Indonesia yang tengah mendapat hukuman.

“Baru pada bulan Februari 2015 saya sudah bulat mau kursus lisensi, tapi malah Indonesia kena sanksi. Saya tidak tahu kapan kisruh ini akan berakhir. Jadi, soal kerugian pemain tak hanya kehilangan pekerjaan pasti, tapi juga rencana jadi pelatih terkendala,” katanya.

"Mungkin saya akan belajar melatih secara otodidak atau dari buku, sambil menunggu kursus pelatih dibuka kembali. Kalau soal karier jadi pemain, sampai saat ini saya belum ingin pensiun," sambung Firman.

Firman Utina membuat keputusan mengejutkan dengan meninggalkan tim sekaligus mengkritik manajemen Persib. Firman tak mau teken kontrak yang disodorkan Persib untuk Piala Jenderal Sudirman karena dianggap memberatkan.

Ia menyebut, manajemen Persib terlalu mengekang pemain, seperti tidak boleh curhat di media sosial atau media massa soal kondisi tim. Ada juga pasal yang mengatur pemain tidak boleh menjalin kerja sama dengan sponsor di luar Persib.

“Bagi saya, ada pasal-pasal kontrak memberatkan, tapi saya tidak menyalahkan pemain lain yang mau teken kontrak,” tegasnya.

Selepas hengkang dari Persib Bandung, Firman dikabarkan gabung dengan Pusamania Borneo FC dan Sriwijaya FC.

Video Populer

Foto Populer