Sukses


Jacksen Tiago Depak Top Scorer ISL dari Penang FA

Bola.com, Jakarta - Didapuk sebagai pelatih klub Malaysia Penang FA, pelatih asal Brasil yang malang melintang di Indonesia, Jacksen F. Tiago, memboyong tiga pemain asing asal Brasil yang mentas di Indonesia Super League (ISL). Reinaldo Lobo, Alberto Goncalves, dan Hilton Moreira jadi andalan The Panthers saat mengarungi Malaysia Premier League 2015.

Penang yang jadi runner-up Malaysia Premier League (MPL) di musim 2016 bakal tampil di kompetisi kasta elite Negeri Jiran, Malaysia Super League. Di musim keduanya Jacksen mendepak dua dari tiga pemain Negeri Samba andalannya musim lalu. 

Alberto Goncalves alias Beto dan Hilton Moriera dipastikan tidak lagi berkostum Penang FA musim depan. "Hanya Lobo yang saya pertahankan musim depan. Saya ingin melakukan peremajaan saat mengarungi kompetisi yang tingkat persaingannya lebih ketat," tutur Jacksen ke bola.com lewat pesan singkat pada Rabu (16/12/2015) malam.

Jacksen mencoba realistis karena performa Beto bersama Penang FA jauh di bawah ekspektasi. Sempat memesona di putaran pertama kompetisi kasta kedua Malaysia, sang penyerang lebih banyak duduk di bangku cadangan di paruh kedua MPL.

Striker Negeri Samba yang pernah jadi top scorer Piala Indonesia 2007 dan Indonesia Super League 2011-2011 itu hanya mengoleksi enam gol.

Pada bulan April lalu, kelompok suporter garis keras klub Penang FA, Brigade 07, sempat meluapkan kekecewaannya dengan membakar flare seraya memaki Beto, yang notabene beberapa musim jadi pemain andalan Jacksen saat melatih Persipura Jayapura.

Mantan pemain Arema Cronus tersebut juga seringkali dihujami kritik pedas di media-media lokal Malaysia akibat mandul gol.

Akibat ulah suporternya, Penang FA melalui juru bicaranya, Abdul Hafiz Abdul Halim, meminta maaf secara terbuka. ”Mereka bertindak demikian karena kecewa dengan prestasi ditunjukkan pasukan kami. Kami hargai hal itu, tapi cara mengkritik manajemen dengan cara itu sangat tidak simpatik,” jelasnya seperti dikutip dari MyMetro.

Hilton Moreira, penyerang kawakan yang sempat membela Persib Bandung dan Sriwijaya FC, juga paceklik gol. Sepanjang semusim ia hanya mencetak tiga gol dari 11 laga yang ia jalani sebagai starter.

Menghadapi musim baru Malaysia Super League, Jacksen sudah mendatangkan striker asing baru asal Brasil, Jose Tadeu Mouro Junior. Ia sebelumnya bermain di klub Boa Esporte.

Di barisan tengah Penang FA menggaet gelandang serang asal Argentina, Matías Cordoba, yang sebelumnya bermain klub El Savador, Alianza FC.

Jacksen F. Tiago masih merahasiakan siapa satu nama kandidat pemain asing baru Penang FA untuk menggenapi slot maksimal empat legiun impor. Arsitek kelahiran Rio de Janeiro, 28 Mei 1968 saat ini tengah ada di kampung halamannya untuk mengikuti kursus Lisensi Pro yang diselenggarakan Federasi Sepak Bola Brasil (CBF). Pada awal Januari ia baru kembali ke Penang untuk menggelar latihan persiapan.

 

 

Video Populer

Foto Populer