Sukses


Statistik Patrick Dos Santos: Senjata Mematikan Mitra Kukar

Bola.com, Jakarta - Mitra Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil meraih kemenangan 3-1 atas PS TNI di babak 8 besar Piala Jenderal Sudirman (PJS). Patrick Dos Santos Cruz menjadi pahlawan dengan mencetak 2 gol yang digenapi oleh Yogi Rahardian. PS TNI hanya sanggup membalas melalui Aldino Herdianto pada laga yang digelar di stadion Manahan, Solo (20/12).

Seperti pertandingan sebelum, Jafri Sastra menginstruksikan pemainnya untuk bermain sabar. Tak banyak menguasai bola tapi mampu menciptakan peluang dan bisa menghasilkan gol.

Ini terlihat dari penguasaan bola Naga Mekes yang hanya 35%. Jumlah operan suksesnya pun hanya 187 kali, berbeda jauh dengan 363 umpan sukses yang dihasilkan anak asuh Suharto AD. Akurasi umpan PS TNI juga lebih baik, 80%, berbanding 76% milik Rizki Pellu dan kawan-kawan.

Tapi, untuk urusan mengkreasi peluang, Mitra Kukar lebih baik. Ada 17 tendangan yang dilepaskan, 4 di antaranya menemui sasaran dan 13 lainnya melenceng. Sementara PS TNI hanya melakukan 9 percobaan tembakan dengan 4 tepat sasaran dan 5 lainnya melebar.

Sementara untuk aksi bertahan, jelas Mitra Kukar punya catatan yang lebih baik. Mereka melakukan 22 tekel sukses, 26 intersepsi, 34 sapuan, dan 3 kali blok tembakan.

Legimin Raharjo dan kawan-kawan melakukan 29 kali tekel sukses, 13 kali memotong bola, dan 10 kali sapuan, serta 1 kali blok tembakan. PS TNI lebih banyak melakukan pelanggaran, yaitu 14 kali dan menghasilkan 3 kartu kuning.

Walaupun hanya melakukan 9 pelanggaran dan tidak menerima satu pun kartu kuning, Mitra Kukar harus menerima 1 kartu merah. Arthur Cunha, bek asal Brasil, diberi kartu merah pada menit 41 setelah melakukan tekel keras pada Erwin Ramadhani.

Patrick Dos Santos Cruz terbaik

Pemain asing Mitra Kukar, Patrick Dos Santos Cruz, layak dinobatkan sebagai pemain terbaik. Meski tak fit seratus persen, pemain ini mampu mencetak 2 gol kemenangan bagi Naga Mekes. Dua gol itu menambah pundi-pundi golnya menjadi enam gol.

Gol ini amat penting untuk mengangkat moral tim. Pertandingan masih imbang 0-0 dan kalah jumlah pemain. Gol cepat di babak kedua pada menit 47 yang disusul gol kedua pada menit 49 meningkatkan kepercayaan diri Mitra Kukar dan di sisi lain semakin menekan mental pemain PS TNI.

Menariknya, 2 gol yang tercipta tersebut hasil dari 2 tendangan tepat sasaran dari total dia melepaskan 7 percobaan tembakan. Catatan statistik lain Patrick Cruz adalah memberikan 7 umpan sukses, 1 sundulan, dan 2 kali dribel sukses dalam 77 menit berada di lapangan.

Tentunya hasil baik ini tak semata hasil kerja Patrick tapi juga seluruh tim. Jafri Sastra layak diacungi jempol dengan strategi yang diterapkannya selama ini. Setelah mampu mencapai semifinal di Piala Presiden, di PJS pun Mitra Kukar bisa lolos ke semifinal. Kali ini tentunya mereka berharap bisa melangkah lebih jauh lagi.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer