Sukses


Rudolof Yanto Basna dan Keinginan Duet dengan Victor Igbonefo

Bola.com, Solo - Bek muda Mitra Kukar, Rudolof Yanto Basna, memiliki keinginan besar dalam kariernya sebagai pesepak bola profesional di Indonesia. Apa itu?

"Saya ingin selama jadi pemain bola bisa berduet dengan Victor Igbonefo," jawab pemain kelahiran Sorong, Papua ini.

Keinginan itu didasari alasan bila bek yang baru saja dilepas klub Thailand, Osotspa Samut Prakan itu, merupakan pemain idola Yanto dari kecil.

"Victor pemain yang punya teknik main bola bagus. Temperamennya juga tenang dan penuh perhitungan saat menjaga pertahanan serta mengawal lawan. Kualitas dan karakter Victor itulah yang menginspirasi sebagai pemain belakang. Saya ingin mengadopsi apa yang dimiliki Victor Igbonefo," ungkapnya.

Bila dirunut, sebenarnya Tanah Papua juga melahirkan pemain belakang berkarakter yang dikenal dan jadi legenda seperti Jack Komboy dan almarhum Aples Gideon Tecuari. Tapi, pilihan Yanto Basna tetap jatuh pada sosok Victor Igbonefo.

"Saya sangat kagum dengan Victor. Saya kira itu sah saja untuk memotivasi. Apalagi saat masih kecil saya sering menyaksikan Victor bermain di Persipura. Ketika itu saya masih tinggal di Sorong. Jadi saya hanya tahu Victor. Saya tidak sempat melihat permainan Jack Komboy dan Aples Tecuari," ujarnya.

Pengakuan Yanto Basna ada benarnya. Ketika Victor Igbonefo membela Persipura Jayapura pada rentang 2005-2011, usia Yanto Basna masih 10 tahun. Yanto, yang pernah membela Sriwijaya FC U-21 itu, lahir pada 12 Juni 1995.

"Pada 2007 papa pindah tugas dari Sorong menjadi staf kantor Gubernur Papua di Jayapura. Jadi waktu itu saya sekolah SMP di Jayapura. Kalau papa tak sibuk, saya selalu diajak lihat pertandingan Persipura dan melihat Victor di Stadion Mandala. Saya juga sering menerobos masuk stadion bersama teman-teman karena hanya ingin menonton Victor main," tuturnya.

Siapa sangka bila sekarang tak hanya punya kesempatan bermain dengan Victor Igbonefo, Rudolof Yanto Basna juga bisa mengikuti jejak sang idola jadi bek tangguh yang jadi buruan klub-klub di negeri ini bahkan klub mancanegara.

 

Raniere: Premier League sangat gila. Baca berita selengkapnya di sini

Video Populer

Foto Populer