Sukses


Klub Greg Nwokolo Tidak Jadi Degradasi dari Thai Premier League

Bola.com, Bangkok - Pemain naturalisasi Indonesia, Greg Nwokolo, bisa benafas lega. Sebab, klub yang dibelanya, yakni BEC Tero Sasana batal turun kasta pada musim 2016. Mereka tetap bertahan di Thai Premier League, karena administrator kompetisi kasta tertinggi Negeri Gajah Putih melakukan penambahan peserta tim kontestan.

Pada musim 2016, TPL diikuti 20 klub bertambah dua dari musim sebelumnya. Keputusan itu diambil setelah Dewan Thai Premier League melakukan pertemuan dengan Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) yang berlangsung selama tiga jam lebih pada Selasa (5/1/2016).

Pertemuan itu membahas soal putusan Pengadilan Tata Usaha Thailand  yang membenarkan Bangkok United menggunakan pemain ilegal saat mereka bersua BEC Tero pada TPL musim 2015 lalu.

Saat Bangkok United mengalahkan BEC Tero 1-0. Kubu The Fire Dragons melakukan protes. Mereka menuntut administrator TPL mencabut poin kemenangan kubu lawan. Mereka melayangkan tuntutan resmi ke Pengadilan Administrasi TPL.  Pada akhir November gugatan tersebut dikabulkan. Namun tanpa alasan yang jelas kemudian penyelenggara TPL mengubah keputusannya.

BEC Tero yang merasa gusar lantas melayangkan tuntutan hukum perdata ke Pengadilan Tata Usaha Thailand. Federasi Sepak Bola Thailand risau dengan langkah klub anggotanya. Mereka khawatir FIFA akan murka mendengar kasus sepak bola dibawa ke ranah hukum positif. 

Baca Juga

Jalan tengah diambil dalam pertemuan segitiga yang melibatkan federasi, Dewan Thai Premier League, dan BEC Tero. Jalan tengah diambil: menambah jumlah klub kontestan kompetisi kasta tertinggi pada musim 2016. Keputusan ini juga untuk menjaga reputasi administrator TPL, yang telanjur mengambil keputusan menganulir keputusan pembatalan hasil pertandingan Bangkok United vs BEC Tero.

Selain menguntungkan BEC Tero, keputusan penambahan jumlah tim peserta kompetisi juga menjadi berkah Port FC. Klub tersebut berada di posisi 17 di klasemen akhir Thai Premier League 2015, satu setrip di bawah BEC Tero.

"Hasil dalam pertemuan ini kami sepakat untuk tim-tim yang berlaga di TPL adalah posisi 1-16 di musim 2015, termasuk dengan BEC Tero Sasana ikut juga berlaga di sana," kata Presiden TPL, Ong-art Korsinka.

Meski begitu, Dewan Liga Utama Thailand belum bisa memutuskan siapa tim yang akan terkena degradasi antara Port FC atau TOT FC. Mereka akan membahas hal ini terlebih dahulu.

Sumber: SMM Sport

Video Populer

Foto Populer