Sukses


Persipura Coret 8 Pemain, Termasuk Lancine Kone dan Lim Joon-sik

Bola.com, Jayapura - Persipura Jayapura melakukan bersih-bersih skuat di awal tahun 2016. Tak tanggung-tanggung, Tim Mutiara Hitam tak memperpanjang kontrak delapan pemain sekaligus. Selain dinilai minim kontribusi, pemutusan kontrak juga buat efisiensi pendanaan.

Di saat kompetisi kasta elite Indonesia Super League mati suri karena konflik PSSI dengan Kemenpora, Persipura harus bersikap realistis. Mereka tak bisa sembarang mengumbar uang mengontrak pemain, karena sumber pemasukan hanya berasal dari keikutsertaan di ajang turnamen yang digelar pihak ketiga di luar PSSI.

Delapan pemain yang masuk kotak, tidak mendapat perpanjangan kontrak antara lain: Lancine Kone (gelandang/striker), Lim Joon-sik (gelandang), Celcius Gebze (kiper), Fandri Imbiri (bek), Elfis Herewang (winger), Ronald Setmob (gelandang), Fredi Isir (gelandang), dan Victor Pae (bek sayap).

Pelatih kepala Oswaldo Lessa juga memastikan Persipura tidak melakukan penambahan pemain dalam waktu dekat. Total pemain klub yang empat kali jadi juara kompetisi kasta tertinggi Tanah Air tersebut hanya tersisa 18 pemain saja.

"Menghadapi sejumlah turnamen kami memaksimalkan pemain yang ada saja. Skuat kami ramping dan efisien. Untuk kebutuhan tampil di sejumlah turnamen kami tak perlu memiliki banyak pemain," ujar pelatih asal Brasil itu pada Rabu (6/1/2016).

Lessa pun percaya diri kepergian  delapan pemain tersebut dinilai tidak memengaruhi kekuatan Persipura secara  signifikan. “Intinya, tim sudah bagus dan pemainnya cukup. Mereka yang dicoret juga memang ada yang ingin pergi. Selain itu ada beberapa posisi yang kami kebanjiran pemain, perlu ada pengurangan," terang arsitek yang mengantikan Jacksen F. Tiago di pengujung ISL 2014 lalu.

Asisten pelatih Persipura, Mettu Dwaramury menambahkan kalau manajemen Persipura tengah menginventarisir turnamen-turnamen apa yang akan diikuti tim asuhannya untuk mengisi kekosongan aktivitas di awal 2016 ini. ”Manajemen yang akan memutuskan. Kami dalam posisi menunggu,” ujar Mettu.

Sembari menanti kejelasan skuat Persipura Jayapura menjalani sesi latihan rutin di Stadion Mandala, Jayapura. Tim pelatih tak ingin pasukan Mutiara Hitam tampil seadanya di turnamen yang diikuti. Pengalaman buruk di ajang Piala Jenderal Sudirman jadi pengalaman. Boaz Solossa dkk. hanya berlatih hitungan dua pekan saja sebelum berlaga di turnamen yang digagas Panglima TNI tersebut.

Video Populer

Foto Populer