Sukses


Bangganya Jacksen F. Tiago dengan Pemain Muda Penang FA

Bola.com, Jakarta - Tugas yang tidak ringan menanti Jacksen F. Tiago di musim 2016. Mulai musim baru ini, Jacksen yang jadi pelatih di klub Malaysia Super League, Penang FA, memiliki kewajiban meraih prestasi dengan menggunakan amunisi pemain yang rata-rata masih berusia muda.

Sesuai kebijakan manajemen, selain memprioritaskan pemain muda, mulai musim 2016 Penang FA juga fokus menggunakan pemain-pemain lokal. Layaknya kala di Persipura Jayapura, Jacksen diminta membangun tim dengan fondasi pemain lokal agar warga Penang makin bangga dengan klub kesayangan.

Jacksen memenuhi keinginan itu dengan merekrut pemain muda berkualitas. Bak pucuk dicinta ulam tiba, pembubaran Harimau Muda, tim yang berisi pemain untuk proyeksi timnas Malaysia, dimanfaatkan pemain asal Brasil itu. Jacksen merekrut enam pemain eks Harimau Muda. 

Enam pemain itu adalah Mohd Faizat Ghazli, S. Kumaahran, Muhammad Jafri Chew, Syamer Kutty Abba, Muhd Hazrul Hafiz Zulkifly, dan Wan Rohaimi Rahasdi. Rataan usia mereka, 18-19 tahun.

Status sebagai eks penghuni Harimau Muda sudah jadi bukti kualitas mereka. Tak heran, Jacksen senang dengan keberadaan mereka di tim yang dilatihnya.

Ambil contoh, Kumaahran, jadi salah satu pemain kunci kala timnas U-22 Malaysia memenangi Bangabandhu Cup di Bangladesh tahun lalu. Penampilan apiknya lantas membuat penyerang berusia 19 tahun itu dipanggil pelatih timnas senior Malaysia kala itu, Dollah Salleh.

Kumaahran tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2018 sekaligus penyisihan Piala Asia 2019 serta memperkuat Malaysia Selection saat menjamu Liverpool, 24 Juli 2015.

Lalu ada Jafri dan Syamer, keduanya berusia 18 tahun, juga tak kalah impresif saat bersama Harimau Muda C (U-19) tahun lalu. Jafri jadi top scorer timnas Malaysia di Piala AFF U-19 2015.

"Masih dini untuk mengomentari mereka, karena latihan juga baru digelar. Tetapi, saya melihat mereka lapar untuk berbuat sesuatu," ujar Jacksen seperti dikutip di The Star.

Enam pemain itu akan bahu-membahu dengan pemain lain, termasuk tiga pemain asing rekrutan terbaru klub yang juga dikenal dengan nama Pulau Pinang ini. 

Dilansir dari The Star, Jacksen sudah berjanji untuk memberikan menit bermain yang cukup bagi S. Kumaahran dkk. untuk membuktikan kualitas mereka. 

Video Populer

Foto Populer