Sukses


Umuh Muchtar: Persib Tinjau Ulang Kontrak Pemain Anggota APPI!

Bola.com, Jakarta - Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menyesalkan ajakan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) ke seluruh pesepak bola Tanah Air untuk melakukan mogok bermain di turnamen-turnamen yang digelar di masa vakum kompetisi.

Menurutnya, langkah tersebut merupakan langkah yang gegabah, karena sejumlah pemain sudah merupakan bagian dari klub. Mereka terikat kontrak yang ditanda tanganinya, baik dalam durasi jangka panjang atau pendek.

"Pemain semuanya semestinya komitmen bekerja, mereka semua semuanya dapat gaji dari klubnya masing-masing. Seharusnya APPI jangan berjalan sendiri mengambil keputusan, harus berkoordinasi dahulu dengan seluruh klub. Pemain harus tunduk kepada klub, karena klub yang menggaji mereka, bukan APPI yang hanya sebatas asosiasi," tegas Umuh Muchtar yang dijumpai bola.com saat mengikuti pertemuan PT Liga Indonesia dengan klub ISL di Hotel Park Lane, Jakarta, Sabtu (16/1/2016) malam.

Umuh melontarkan ancaman untuk mempertimbangkan kemungkinan tidak mengontrak pemain yang jadi anggota APPI. "Kalau APPI boikot, kami berfikir ulang untuk mengontrak pemain yang jadi anggota mereka. Saya akan membicarakannya dengan manajemen," tegas pengusaha yang berpatner dengan TNI AD tersebut.

Ia juga menambahkan, boleh saja pemain melakukan mogok bermain, asalkan alasannya tepat. Misalnya, jika para pemain tidak mendapatkan gaji sesuai kontrak yang sudah ditanda tangani di klubnya masing-masing.

"Kalau pemain tidak perlu berbicara terlalu panjang, kecuali ada yang dicederai oleh klubnya boleh teriak, misalnya kalau gajinya tidak dibayarkan atau tidak diurusi klub ketika cedera. Kalau teriak mogok masih main aneh saja, lebih baik mundur keluar saja dari klubnya dari pada bikin suasana keruh," ujar Umuh.

Wajar jika Umuh gusar, klub binaannya Persib telah sepakat mengikuti turnamen jangka panjang berformat kompetisi dengan tajuk Indonesia Super Competition (ISC) 2016, mulai Maret-November 2016. Pada interval bulan Januari-Februari ini mereka juga akan tampil di sejumlah turnamen yang digelar pihak ketiga di luar PSSI.

Kalau banyak pemain memutuskan mogok, manajemen Tim Pangeran Biru bakal dibuat kesulitan menyiapkan skuat yang kompetitif di ajang-ajang yang akan mereka ikuti.

"Kemungkinan Persib Bandung akan mengontrak pemain dengan durasi 1 tahun untuk ikut serta di ISC 2016. Bahkan sebelum ada kepastian soal ISC, kami juga sudah berencana mengontrak para pemain selama satu tahun untuk keperluan tampil di banyak turnamen," kata Umuh Muchtar.

Video Populer

Foto Populer