Sukses


Prediksi Semen Padang vs Mitra Kukar: Adu Cerdik Pelatih Minang

Bola.com, Jakarta - Semen Padang akan menghadapi Mitra Kukar pada laga final Piala Jenderal Sudirman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (24/1/2016) malam WIB. Pertarungan yang amat kental aroma Tanah Minang diyakini bakal berlangsung sengit.

Pelatih yang menakhodai dua tim finalis sama-sama asal Sumatera Barat. Ada Nilmaizar sebagai pelatih Semen Padang, dan Jafri Sastra di Mitra Kukar.

Pertandingan ini bisa dibilang menjadi laga penentuan kedua tim untuk membuktikan siapa yang paling terbaik sepanjang pergelaran Piala Jenderal Sudirman. Tim Kabau Sirah dan Tim Naga Mekes dua kali bersua di babak penyisihan grup dan 8 besar.

Di fase penyisihan Grup B Mitra Kukar berhasil mengalahkan Semen Padang melalui adu tendangan penalti dengan skor 5-4 (0-0). Selanjutnya, Semen Padang berhasil membalas kekalahan atas Mitra Kukar dengan skor 2-1 di babak 8 besar Grup D.

Pelatih Semen Padang, Nilmaizar mengungkapkan, seluruh pemainnya dalam kondisi siap tempur di final. Bahkan, arsitek asal Payakumbuh itu memuji kepecayaan diri anak asuhnya yang terlihat kian menebal dari hari ke hari menjelang pertandingan krusial.

"Secara umum latihan di Senayan hanya untuk melatih kebugaran saja agar pemain tidak terlalu lelah ketika bertanding. Selanjutnya, ada senam perenggangan otot jelang pertandingan di pagi harinya. Latihan strategi sudah kami lakukan di Padang," kata Nil dalam sesi konfrensi pers menjelang duel final di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Sabtu (23/1/2016).

Pelatih Semen Padang, Nilmaizar, memimpin latihan anak asuhnya jelang laga final Piala Jenderal Sudirman melawan Mitra Kukar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (23/1/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nil juga sudah menyiapkan beberapa opsi pemain untuk menggantikan peran Hendra Adi Bayauw dan Satrio Syam yang harus absen, lantaran menerima akumulasi kartu merah. Kedua pemain Tim Tim Urang Awak tersebut menerima kartu merah saat menyingkirkan Pusamania Borneo FC pada leg kedua semifinal Piala Jenderal Sudirman.

"Rudi bisa menggantikan peran Hendra Adi Bayauw, dan Novan Setya Sasongko menggantikan posisi Satrio Syam. Jadi, skemanya kemungkinan akan memainkan Rudi di sisi kanan. Untuk pengganti Satrio Syam, kami sudah menyiapkan Novan Setya. Mungkin, ia akan berganti posisi dengan Hengky Ardiles. Sementara itu, Hengky akan mengisi bek kiri gantikan Satrio Syam," ujar Nil.

Di sisi lain, pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra menilai anak-anak asuhnya sedang berada dalam motivasi tinggi jelang duel kontra Semen Padang.

Hanya saja pelatih yang juga pernah membesut Semen Padang 2013-2014 tersebut itu tetap menghimbau Rizky Pellu dkk. untuk tidak jemawa.

Ia menilai Semen Padang bukan tim yang bisa dengan mudah ditaklukkan. Mereka memiliki kelebihan kerja sama tim yang solid. Jafri cukup kenal mayoritas gaya bermain mantan klub asuhannya.

"Kondisi pemain Mitra Kukar tidak ada masalah baik dalam fisik dan mental. Hanya, Bayu Pradana dan Abdul Gamal yang dipastika absen karena mendapat kartu merah di pertandingan leg kedua semifinal menghadapi Arema Cronus. Selebihnya, pemain lain siap memberikan yang terbaik bagi tim," ungkap Jafri.

Pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra memberikan arahan kepada anak asuhnya saat latihan jelang laga final Piala Jenderal Sudirman melawan Semen Padang di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (23/1/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jafri telah menyiapkan Michael Orah sebagai opsi pemain untuk menggantikan peran Abdul Gamal di sektor bek kiri. Rodrigo Dos Santos kemungkinan akan turun sebagai starter agar bisa menggantikan Bayu Pradana di lini tengah Tim Naga Mekes.

"Laga final ini merupakan laga penentu, semua bisa terjadi. Untuk itu, seluruh pemain fokus dalam permainan," kata Jafri.

Di tempat terpisah, Irwansyah selaku pelatih fisik Mitra Kukar mengatakan, tidak ada satupun pemain Tim Naga Mekes mengalami cedera, jelang melawan Semen Padang. Seluruh pemain dalam keadaan fit 100 persen.

"Tidak ada yang cedera, Patrick Cruz yang dulu di babak penyisihan dan 8 besar sempat mengalami cedera, kondisinya malah bagus jelang laga final," kata Irwansyah saat menggelar konferensi pers sebelum pertandingan di Hotel Atlet Century, Jakarta, Sabtu (23/1/2016).

Perkiraan Susunan Pemain:

Semen Padang (4-4-2): Jandia Eka Putra; Saepulloh Maulana, Mohammadou Al Hadji, Hengky Ardiles (C), Novan Setya; Rudi, Vendry Mofu, Yu Hyun-koo, Adi Nugroho; Nur Iskandar, James Koko Lomell.

Pelatih: Nilmaizar

Mitra Kukar (4-2-3-1): Shahar Ginanjar; Yanto Rudolf Basna, Arthur Cunna Dos Santos, Zulkifli Syukur (C), Michael Orah; Rizky Pellu, Rodrigo Dos Santos; Hendra Ridwan, David Maulana, Defri Rizky; Patrick Cruz Dos Santos.

Pelatih: Jafri Sastra.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer