Sukses


Jakmania Berharap Persija Tidak Lupakan Warna Oranye

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum The Jakmania, Richard Achmad Supriyanto, tidak mempermasalahkan rencana manajemen Persija Jakarta merubah warna kostum kebesaran klub dari oranye menjadi merah. Namun, ia mengingatkan agar Macan Kemayoran tidak melupakan dengan warna oranye yang sudah melekat dengan Jakmania.

Pada ulang tahun Persija ke-78 pada 28 November 2015, manajemen tim mengumumkan rencana pergantian warna jersey. Tim ibu kota pada tahun 2016 bakal menggunakan kostum berwarna merah. Langkah ini dilakukan untuk mengenang era kejayaan Persija di masa kompetisi perserikatan.

Saat tampil di ajang Trofeo Persija pada bulan Maret 2016 mendatang Ismed Sofyan dkk. bakal memulai era baru dengan warna kebesaran baru. "Kostum oranye tetap dipakai akan tetapi statusnya bukan kostum utama lagi tapi sebagai serep buat laga away," ucap Presiden Persija, Ferry Paulus.

Ide mengembalikan warna merah di kostum Persija bukanlah hal yang baru. Pasalnya, sejak tiga tahun terakhir jersey warna merah menjadi warna ketiga di kostum Macan Kemayoran, mendampingi oranye dan putih. Permintaan penggunaan warna merah sendiri datang dari pengurus klub-klub internal Persija.

Mereka ingin klub kembali ke jati diri asal. Warna jingga sendiri sejatinya baru jadi warna kebesaran klub kala Sutiyoso (kini Ketua BIN) menjadi pembina Persija pada tahun 1997. Bang Yos yang kala itu jadi Gubernur DKI Jakarta terinspirasi warna kebesaran timnas Belanda yang menggenakan warna oranye.

"Kami berharap Persija tidak melupakan warna oranye, karena warna tersebut identik dengan Jakmania. Semoga tetap ada warna oranye di kostum baru Persija tersebut," ucap Richard, Senin (1/2/2016).

Richard menambahkan, Jakmania bukannya tidak mau berubah warna jadi merah seperti Persija. Namun, semenjak terbentuk pada 19 Desember 1997 Jakmania sudah memakai warna oranye, sehingga sulit mengubah identitas warna kebesaran secara tiba-tiba.

"Ya sejak berdiri kami memang memakai warna oranye. Jadi tak mungkin kami menggunakan warna lain selain warna oranye. Itu juga merupakan ciri khas yang ada di kami," jelasnya.

Richard Ahmad berharap  Persija tampil dengan dua warna kostum merah dan oranye secara bergantian sehingga anggota The Jakmania yang kental dengan warna oranye tidak merasa terpinggirkan.

Video Populer

Foto Populer