Sukses


Malaysia Ubah Julukan Harimau Malaya yang Diberikan Bung Karno

Bola.com, Kuala Lumpur - Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) resmi mengumumkan julukan baru tim nasional mereka. Pengumuman ini disampaikan pada Selasa (2/2/2016) di Kuala Lumpur.

Dalam pernyataannya, FAM mengumumkan bila Harimau Malaya tak lagi jadi julukan timnas Malaysia. Timnas negara tetangga ini memutuskan menggunakan julukan anyar, yakni Harimau Malaysia. 

Julukan baru itu memang memiliki kemiripan dengan julukan lama. Namun, ada sejumlah pertimbangan yang mendasari keputusan perubahan itu.

Presiden FAM, KDYTM Tengku Abdullah Al-Haj Ibni Sultan Haji Ahmad Shah, seperti dikutip di situs resmi FAM, mengungkapkan bila FAM menganggap kata 'Malaya' dalam julukan itu sudah tidak sesuai lagi dengan situasi terkini.

Sebagai catatan, julukan Harimau Malaya justru diberikan Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Dalam sebuah laga yang digelar di Jakarta pada 1953, Bung Karno terkesan dengan penampilan apik striker Malaysia, Allahyarham Dollah Don, yang tampil memukau dalam pertandingan itu.

Sejak saat itu Bung Karno lantas menjuluki timnas Malaysia dengan sebutan Harimau Malaya. Bisa jadi julukan itu jadi simbolisasi kegarangan Harimau Malaya, yang merupakan subspesies harimau yang merupakan fauna endemik di Semenanjung Malaya.

Julukan itu kemudian melekat di timnas Malaysia hingga sekarang. Namun, setelah 53 tahun berlalu, FAM merasa inilah saatnya mengubah julukan itu.

 

 

"Kata Malaya sudah tidak lagi tepat untuk menggambarkan Malaysia secara keseluruhan. Kata Malaya sudah tak lagi digunakan sejak 1963. Kata 'Malaysia' lebih merepresentasikan Malaysia secara keseluruhan, termasuk Sabah dan Sarawak yang berada di Pulau Kalimantan, yang selama ini merasa tersisih dengan penggunaan kata Malaya," ujar Tengku Abdullah.

"Kami mulai mengumandangkan era baru di sepak bola Malaysia, mulai 2016 ini. Kami ingin bangkit dan kembali jadi timnas yang disegani di pentas internasional. Penggunaan julukan Harimau Malaysia jadi permulaannya," lanjutnya.

Keputusan FAM ini sekaligus jadi respons atas keinginan Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin Abu Bakar, yang sejak awal tahun 2015 sudah meminta julukan Harimau Malaya diubah. 

Dalam kesempatan sama FAM juga mengumumkan penggantian logo Harimau Malaysia. FAM membuka peluang bagi seluruh warga Malaysia untuk terlibat dengan mengirimkan logo kreasi mereka. FAM menyiapkan hadiah uang sebesar 10 ribu ringgit Malaysia bagi pencipta logo yang terpilih. Pemenang juga akan diajak menyaksikan serta mendukung langsung timnas Malaysia di Piala AFF 2016.

 

 

Video Populer

Foto Populer