Sukses


Eksodus Pemain Persipura Tak Terhindarkan

Bola.com, Jayapura - Begitu mendapat lampu hijau dari manajemen Persipura untuk mencari klub baru, pemain-pemain andalan Tim Mutiara Hitam mulai menjalin negosiasi dengan klub lain. Eksodus bintang-bintang Persipura tak tertahankan.

Nama-nama tenar seperti Boaz Solossa, Bio Paulin, Nelson Alom, hingga Robertino Pugliara, disebut-sebut tengah melakukan negosiasi dengan klub lain.

Keberanian mereka menjalin negosiasi karena dipengaruhi sikap resmi manajemen Persipura, yang membubarkan tim sementara waktu, karena tak memiliki sponsor untuk tampil di turnamen-turnamen pengisi kevakuman kompetisi.

Padahal, Persipura banjir tawaran untuk mengikuti sejumlah turnamen yang digelar pihak ketiga, di luar PSSI-Kemenpora, pada awal 2016 ini.

Hanya saja, manajemen Persipura merasa tidak memiliki cukup modal finansial untuk tampil di turnamen-turnamen tersebut. Saat tampil di Piala Jenderal Sudirman lalu, BoazSolossa dkk. mendapat suntikan dana sponsor Rp 2,5 miliar dari PT Freeport Indonesia.

Sayangnya kontrak sponsorship dengan perusahaan pertambangan asal Amerika Serikat tersebut hanya berlaku di satu turnamen saja. Dilaporkan, Persipura juga sudah melayangkan proposal ke tiga perusahaan besar yaitu: Freeport, Bank Papua, dan Semen Bosowa. Akan tetapi ketiganya enggan mengeluarkan dana berinvestasi ke Tim Mutiara Hitam.

Pemain-pemain pilar Persipura memilih bersikap realistis mencari peruntungan di tim lain. "Saya pribadi belum tahu soal kepindahan pemain-pemain kami. Namun, memang kami telah memberi kebebasan kepada mereka untuk mencari klub baru karena Persipura sementara waktu vakum," tutur Sekretaris Persipura, Rocky Babena.

Rumor transfer teranyar, Bio Paulin, Nelson Alom, dan Robertino Pugliara dilaporkan merapat ke PS Polri untuk mengikuti turnamen Piala Bhayangkara. Sedangkan kapten tim Boaz Solossa  dikabarkan merapat ke Persib untuk mengikuti pergelaran Indonesia Super Competition (ISC) 2016.

"Mereka belum memberi kabar ke manajemen untuk meminta surat izin keluar. Termasuk pemain muda kami Christovel Sibi yang diberitakan media telah pindah ke Semen Padang," ujar Rocky.

Rocky Babena mengakui baru Immanuel Wanggai yang dipastikan angkat kaki dari Persipura. Pemain berposisi gelandang tersebut bergabung dengan klub asal Timor Leste, Carsae FC. "Hingga kini baru Wanggai yang telah mengirimkan surat untuk pergi dari Persipura," Rocky mengakhiri pembicaraan.

Skuat Persipura Jayapura:

1. Ferdiansyah (kiper)
2. Dede Sulaiman (kiper)
3. Izaac Wanggai (bek)
4. Roni Beroperay (bek)
5. Ricardo Salampessy (bek)
6. Yohanis Tjoe (bek)
7. Jaelani Arey (bek)
8. Gerald Pangkali (gelandang)
9. Ian Louis Kabes (gelandang)
10. Ferinando Pahabol (penyerang)
11. Ricky Kayame (penyerang)
12. Yustinus Pae (bek)
13. Lukas Mandowen (penyerang)
14. Boaz Solossa (penyerang)

Pemain yang dicoret:

1. Lancine Kone (gelandang)
2. Lim Joon-sik (gelandang)
3. Celcius Gebze (kiper)
4. Fandri Imbiri (bek)
5. Elfis Herewang (gelandang)
6. Ronald Setmob (gelandang)
7. Fredi Isir (gelandang)
8. Victor Pae (bek)

Pemain yang hengkang:

1. Immanuel Wanggai ke Carsae FC (pasti)
2. Nelson Alom ke PS Polri (negosiasi)
3. Bio Paulin ke PS Polri (pasti)
4. Robertino Pugliara ke PS Polri (negosiasi)

Video Populer

Foto Populer