Sukses


Tim Resmi Bubar, Persipura Persilakan Pemain Cari Klub Baru

Bola.com, Jayapura - Manajemen Persipura Jayapura, memutuskan membubarkan tim untuk sementara waktu. Langkah itu terpaksa diambil karena mereka tidak mempunyai sponsor bermain di turnamen. Pengurus Tim Mutiara Hitam mempersilakan pemain-pemainnya pindah ke klub lain.

SejatinyaPersipura klub yang banjir tawaran untuk mengikuti sejumlah turnamen yang digelar pihak ketiga, di luar PSSI-Kemenpora, pada awal 2016 ini. Hanya saja manajemen Persipura merasa tidak memiliki cukup modal finansial untuk tampil di turnamen-turnamen tersebut. Ibarat kata besar pasak dari pada tiang.

"Tim pelatih dan awak tim sudah melakukan rapat dengan manajemen klub. Keputusan final diambil, tim Persipura dibubarkan sementara karena tidak ada sponsor," kata pelatih Persipura, Oswaldo Lessa, Rabu (10/2/2016).

Saat tampil di Piala Jenderal Sudirman lalu, Boaz Solossa dkk. mendapat injeksi dana sponsor Rp 2,5 miliar dari PT Freeport Indonesia. Sayangnya kontrak sponsorship dengan perusahaan tambang kakap asal Amerika Serikat tersebut hanya berlaku di satu turnamen saja.

Persipura sudah melayangkan proposal ke tiga perusahaan besar, yaitu Freeport, Bank Papua, dan Semen Bosowa. Akan tetapi ketiganya enggan mengeluarkan dana karena kompetisi sepak bola di Tanah Air masih belum jelas.

"Tanpa suntikan dana sponsor sulit bagi manajemen untuk membayar kontrak pemain serta membiayai operasional latihan tim," terang Oswaldo, yang mengaku berencana mudik ke Brasil.

Yang menarik, petinggi Persipura mempersilahkan para pemainnya pindah klub. "Semua pemain sudah berstatus bebas kontrak. Jadi mereka diperbolehkan memilih klub mana pun yang mau mengontrak mereka," terang Oswaldo Lessa.Satu pemain pilar Tim Mutiara Hitam, Immanuel Wanggai, sudah mengumumkan rencana kepindahannya ke klub Timor Leste, Carsae FC.

Sebelumnya pemain muda Persipura, Christovel Sibi, telah resmi pindah ke Semen Padang. Langkah keduanya diyakini bakal diikuti pemain-pemain Persipura lainnya.

Boaz Solossa, Ian Kabes, Ferinando Pahabol, disebut-sebut mulai didekati Pusamania Borneo FC. Keputusan manajemen Persipura mempersilahkan para pemain mencari klub baru mempermulus proses negosiasi.

Video Populer

Foto Populer