Sukses


Citra Rasa Barcelona di Persib Racikan Dejan Antonic

Bola.com, Denpasar - Dejan Antonic melakukan perubahan besar di tim Persib Bandung. Citra rasa Maung Bandung racikan pelatih asal Serbia tersebut sepintas mirip klub Spanyol, Barcelona.

Di Persib saat ini banyak pemain bertubuh mungil seperti halnya Tim Catalan yang dimotori pemain-pemain bertubuh pendek layaknya "kurcaci." David Laly, Kim Jeffrey Kurniawan, M. Taufiq, Atep, Samsul Arif, Rudyana, dan sederet pemain Persib yang tinggi badannya tak lebih atau kurang dari 170 cm.

Tak beda jauh dengan Barca yang mengandalkan pemain-pemain mungil hitungan rata-rata pesepak bola Eropa, layaknya: Lionel Messi, Andres Iniesta, Jordi Alba, serta Javier Mascherano.

Bandingkan dengan Persib di era Djadjang Nurdjaman sektor tengah Persib dihuni pemain-pemain jangkung macam Makan Konate dan Ilija Spasojevic yang perawakannya terhitung tinggi.

Memang, di Persib saat ini juga ada pemain tinggi di atas rata-rata pesepak bola Indonesia macam Vladimir Vujovic, dan Marko Krasic. Akan tetapi jumlah mereka sedikit, jika melihat rataan postur pemain Persib lainnya yang tinggi badannya terhitung pas-pasan.

Dejan mengaku tak mematok kriteria tinggi badan saat memilih pemain. Ia tak membutuhkan pemain-pemain berpostur menjulang buat memainkan skema pendek merapat ala sepak bola Indonesia. "Saya melihat skill individu dan bagaimana seorang pemain mampu mendukung permainan kolektif yang saya kembangkan," ungkap Dejan.

Walau berasal dari Eropa Timur, Dejan tak ingin memaksakan gaya main mengandalkan speed and power. Ia menyetel gaya bermain Persib menyesuaikan gaya Indonesia. Satu hal yang pasti, di setiap tim yang ditangani, pelatih yang sebelumnya menukangi Persipasi Bandung Raya itu amat suka pada permainan yang menekankan pada efektivitas.

Ia tak memaksakan timnya menguasai pertandingan. Hal ini agak berbeda dibanding Barcelona, yang dikenal doyan bermain dengan mengedepankan penguasaan bola ala tiki-taka. "Yang pasti saya sangat suka pemain muda. Mereka punya semangat dan haus prestasi," tutur Dejan Antonic yang dijumpai bola.com di Bali pada Senin (22/2/2016).

Para pemain lawas Persib mengakui ada perbedaan gaya antara Dejan dengan Djadjang Nurdjaman. "Tapi juga tidak sulit menyesuaikan diri dengan keinginan Coach Dejan, karena pada prinsipnya ia tipikal pelatih yang komunikatif selalu membuka pintu komunikasi dengan para pemain," ucap Atep, kapten Persib Bandung.

Video Populer

Foto Populer