Sukses


Tarian Unik Suporter Fanatik PSM saat Gerhana Matahari Total

Bola.com, Makassar - The Maczman, kelompok suporter terbesar PSM Makassar punya kegiatan sendiri di hari gerhana matahari total (GMT), Rabu (9/3/2016) pagi. Usai menyaksikan fenomena alam itu pada sejumlah titik di Makassar, ratusan The Maczman berkumpul di Taman Macan, sebuah kawasan olahraga yang berlokasi di pusat kota.

"Selain bersyukur bisa menyaksikan fenomena alam ini, kami juga mendapat inspirasi dan semangat baru untuk  mendukung PSM di Indonesia Soccer Championsip 2016," ujar Andi Coklat, Menteri Kreasi dan Seni The Maczman kepada bola.com.

Menurut Coklat, yel-yel dan koreografi anyar The Maczman masih mengambil tema dan akar yang sama yakni budaya Makassar."Di ISC nanti, kami lebih banyak mengandalkan gerakan tubuh dan sedikit mengurangi kalimat dalam lagu atau chant kami," jelas Coklat.

Coklat menambahkan, pihaknya menempuh langkah ini untuk mengantisipasi kejenuhan anggota terhadap koreografi dan yel-yel yang sudah dipakai bertahun-tahun. "Intinya kami ingin status The Maczman sebagai kelompok suporter besar dan kreatif di Makassar tetap terjaga," papar Coklat.

Rencananya, The Maczman akan menampilkan kreasi terbarunya saat PSM  beruji coba melawan Jaffa FC di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makasar, Jumat (11/3/2016). "Kami akan menurunkan anggota yang jauh lebih banyak dari sekarang," jelasnya.

The Maczman punya cara sendiri untuk mensosialisasikan koreografi anyar ke anggotanya. "Seluruh gerakan dan yel-yel tadi sudah kami videokan untuk kemudian kami masukkan ke grup media sosial The Maczman yang jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu anggota," tutur Coklat.

Di sisi lain, The Maczman mendukung aturan ketat terkait suporter di ISC 2016 nanti. Khususnya penggunaan cerawat atau flare. "Padahal kami sudah membeli 100 red flare untuk dinyalakan pada laga perdana. Rencananya  akan memerahkan Stadion AMM sebagai wujud raya syukur The Maczman bisa menyaksikan PSM kembali bertanding," tegas Coklat.

The Maczman berharap di ISC 2016 nanti, kerja sama antara suporter dengan manajemen PSM Makassar lebih ditingkatkan. Salah satu contoh kerja sama adalah distribusi tiket untuk suporter. Mereka ingin membantu manajemen mendapatkan pemasukan maksimal dari penjualan tiket pertandingan.

Video Populer

Foto Populer