Sukses


Dualisme Kompetisi Bikin Martapura FC Pusing Tujuh Keliling

Bola.com, Martapura - Kabar bakal digelarnya Indonesia Soccer Championship (ISC) B menggantikan kompetisi Divisi Utama membuat semangat Martapura FC bangkit lagi. Namun motivasi itu meredup lagi, setelah Tim Transisi saat pertemuan dengan klub-klub di Divisi Utama di Jakarta, pekan lalu, juga berinisiatif memutar kompetisi tandingan pada bulan Agustus mendatang. 

Pelaksanaan dua kompetisi ini membuat manajemen Martapura FC bingung. Mereka memilih diam dan menunggu kepastian kompetisi mana yang akhirnya benar-benar digelar. 

"Kami sudah mengirimkan surat ke PT Gelora Trisula Semesta (PT GTS) sebagai peserta kompetisi ISC B. Kami juga telah melakukan persiapan tim,  meskipun belum berlatih secara intensif. Tapi setelah mendengar kabar Tim Transisi akan memutar kompetisi, akhirnya lebih baik kami menunggu saja," ungkap Muhamad Hilman, Ketua Umum Martapura FC.

Dengan munculnya dualisme, lanjut Hilman, berbagai kemungkinan pun bisa  terjadi. Termasuk peluang kegagalan PT GTS menghelat kompetisi di semua divisi, karena perseroan ini dikelola klub-klub terafiliasi ke PSSI yang sedang dibekukan oleh Kemenpora. Situasi ini membuat Martapura FC pusing tujuh keliling.

"Kalau petanya seperti ini, nasib kompetisi akan makin gelap. Daripada kami membuang dana sia-sia, lebih baik kami mempersiapkan tim sewajarnya saja," ucap Hilman.

Apalagi, kata Hilman, manajemen Martapura FC juga merasa kesulitan menggandeng sponsor untuk bekerja sama dengan klub berjulukan Laskar Sultan Adam tersebut. "Sebenarnya kami terus menjalin komunikasi dengan beberapa sponsor. Tapi kolega kami juga butuh kepastian kompetisi. Kalau masih abu-abu, mereka pun enggan bekerja sama," jelasnya.

Lagi pula, menurut Hilman sistem kompetisi yang menghapus promosi degradasi  juga tak begitu menarik bagi sponsor dan klub. "Kami pun tak terlalu antusias dengan sistem tersebut. Jika ikut ISC B, kami tak akan buang  dana dengan membeli pemain mahal. Lebih baik kami berdayakan pemain muda binaan sendiri," ujar orang nomor satu Martapura FC tersebut.

Martapura FC pada 2015 sempat ikut serta dalam turnamen Piala Presiden. Hanya setelah itu tim vakum karena tak mendapat undangan tampil di turnamen berskala nasional.

Video Populer

Foto Populer