Sukses


Kedai Mungil Airlangga Sucipto Sajikan Menu Unik Menggoda Selera

 

Bola.com, Bandung - Berawal dari hobi kuliner, eks striker Persib Bandung, Airlangga Sucipto, mencoba untuk serius menjalani bisnis kuliner. Setelah mengawali membuka usaha kerja sama dengan membuka restoran Sambel Hejo dan Street Gourmeet, kini pemain yang biasa disapa Ronggo ini membuka usaha dengan nama Kedai Mungil di kawasan Bandung.

Airlangga menjelaskan usaha Kedai Mungil baru berjalan selama satu bulan dan langsung dikelola sang istri tercinta, Agnes Lestari. Bahkan menu yang tersedia merupakan masakan sang istri sehari-hari di rumah.

"Kebetulan istri jago masak, terus ya coba-coba saja. Apalagi saya dan istri kalau datang ke setiap daerah atau kota di manapun, yang dicari pasti kuliner khasnya dulu," ujar Ronggo, saat ditemui bola.com di Kedai Mungil miliknya.

Adapun menu andalan di Kedai Mungil milik Ronggo adalah Mie Godog Susu, Cuankie, dan Angsio Seuhah (ceker pedas), serta berbagai macam minuman dan makanan penutup.

"Menunya masih sedikit, tapi menu favorit yang tiga itu. Paling banyak disukai. Yang datang ke sini kebanyakan sore dan malam hari," ujarnya.

Ronggo tidak khawatir dengan persaingan ketat di jagat kuliner Bandung, yang memang terkenal dengan sebutan sebagai Kota Kuliner. Menurutnya, persaingan dalam usaha kuliner tidak terlalu dirisaukannya.

"Kalau masalah makanan di Bandung, pasti dicari orang. Apalagi kalau kami punya menu yang khas. Jadi tidak terlalu khawatir dengan persaingan. Memang di Bandung banyak macam jenis makanan, tapi saya yakin kalau ada rezekinya pasti ada jalannya," jelasnya.

Tak hanya itu, pemain yang menggunakan nomor punggung 7 di Sriwijaya FC ini punya angan-angan membuka usaha dengan jenis Food Truck.

"Itu baru keinginan saya ke depan. Kalau yang mengajak kerja sama bisnis di luar kota banyak juga, seperti Supardi dan manajer Sriwijaya FC. Tapi, masih dipikirkan kira-kira usaha apa yang pas," katanya.

Diakui Ronggo menjalani usaha kuliner sudah hampir tiga tahun. Selama berbisnis kuliner hasil yang didapat cukup lumayan. Bahkan tidak sedikit teman-teman sesama pesepak bola menanyakan kiat berbisnis di bidang kuliner, apalagi kompetisi resmi sudah vakum cukup lama.

"Banyak juga teman yang konsultasi untuk memulai usaha. Kuncinya saya pikir coba saja dulu, meski tidak punya dasar sebagai pengusaha. Intinya harus berani mencoba, apalagi berkarier di sepak bola ada batasnya," tutur Ronggo.

Pemain 30 tahun itu pantas bangga karena Kedai Mungil miliknya kerap pula disambangi selebriti, semisal para pemain sinetron Preman Pensiun. Selain itu skuat Sriwijaya FC dan Mitra Kukar pun sempat mendatangani kedainya.

"Alhamdulillah mereka semua suka dengan menu yang ada di sini. Ada yang bilang menunya unik," seloroh Ronggo.

Mantan pemain Semen Padang itu berharap usaha yang dirintisnya bisa menjadi tumpuan utama ke depan untuk keluarga. Apalagi, lanjutnya, karier bermain sepak bola ada batasnya.

"Tapi, sebisa mungkin saya tetap akan terus berkiprah di sepak bola dan usaha pun tetap berjalan," harap Ronggo mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer