Sukses


Persamaan Nasib Eks Pelatih Timnas Malaysia dengan Jacksen Tiago

Bola.com, Sarawak - Kebiasaan "mengistirahatkan" pelatih alih-alih memecat, kembali terjadi di Liga Malaysia. Keputusan untuk mengistirahatkan pelatih kali ini dilakukan Sarawak FA, kontestan Malaysia Super League (MSL) 2016.

Adalah Datuk K. Rajagopal, pelatih Sarawak FA yang dijatuhi keputusan itu menyusul rentetan hasil buruk yang menimpa timnya sejak MSL bergulir mulai Februari 2016.

Hingga pertandingan ke-10, Sarawak terbenam di dasar klasemen sementara, posisi ke-12, karena baru menghasilkan poin enam. Jumlah sama dengan yang dikumpulkan Penang FA, yang unggul selisih gol, sehingga klub yang pernah dilatih Jacksen F. Tiago itu ada satu setrip di atas, di urutan ke-11.

Rajagopal, seperti halnya Jacksen, juga pernah menangani tim nasional. Bila karier Jacksen bersama Timnas Indonesia tak berlangsung lama, Rajagopal justru dikenang sebagai salah satu pelatih yang membawa timnas Malaysia pada era kejayaan.

Pelatih yang kini berusia 59 tahun itu mempersembahkan medali emas SEA Games 2009 Laos, yang sudah dinanti 20 tahun lamanya. Gelar Piala AFF 2010 juga hadir kala ia jadi arsitek timnas berjulukan Harimau Malaysia itu.

Namun, sejak tak lagi menangani timnas pada 2013, kariernya di level klub meredup, hingga mendapat kesempatan melatih Sarawak FA pada Desember 2015.

Hanya, keberuntungan tak berpihak padanya. Puncaknya, pada Sabtu (7/5/2016), manajemen klub Sarawak memutuskan mengistirahatkannya. Posisi Rajagopal sebagai pelatih kepala untuk sementara digantikan David Usop, yang sebelumnya jadi asisten pelatih.

"Rajagopal akan diberikan peran baru (dalam tim)," demikian pernyataan Asosiasi Sepak Bola Sarawak (FAS) sebagai pengelola klub, seperti dikutip pada The Star, Sabtu (7/5/2016).

Hanya, tidak dijelaskan sampai kapan Rajagopal itu akan diistirahatkan dari jabatannya. Situasi ini tentu mengingatkan pada kondisi yang menimpa Jacksen F. Tiago. Mantan pelatih Persipura Jayapura itu juga dalam posisi diistirahatkan sejak awal April 2016.

Posisi Jacksen sebagai pelatih kepala Penang FA juga digantikan asistennya, Mansoor Azwira, setelah dianggap gagal membawa Penang menunjukkan penampila terbaik pada enam laga MSL dan satu partai Piala FA.

"Jacksen hanya diistirahatkan oleh manajemen. Namun, tidak diketahui sampai kapan ia akan absen melatih Penang FA. Presiden hanya mengumumkan ia diistirahatkan saja," ucap Mohd. Sidik kepada bola.com, awal April lalu.

Dengan begitu, Rajagopal merupakan pelatih ketiga di MSL yang diistirahatkan alih-alih dipecat, karena sebelum Jacksen, pelatih Terengganu FA, Ahmad Yusoff, sudah mengalami hal sama. Mendekati akhir Februari 29016, Ahmad Yusoff diberi sanksi skorsing tak bisa menangani tim dan posisinya digantikan asisten pelatih Mike Mulvey hingga sekarang.

 

 

 

Video Populer

Foto Populer