Sukses


SK Pembekuan PSSI Dicabut Menpora dalam Hitungan Jam?

Bola.com, Jakarta - Beberapa hari terakhir ini wacana pencabutan sanksi administratif yang dijatuhkan Menpora Imam Nahrawi terhadap PSSI beredar luas. Hal itu berkaitan dengan Kongres FIFA yang digelar di Meksiko, 12-13 Mei 2016.

Seperti diketahui, sanksi pembekuan yang dijatuhkan FIFA pada 30 Mei 2015 bisa diperkuat dalam agenda kongres tersebut bila pemerintah Indonesia melalui Kemenpora tidak mencabut surat keputusan (SK) pembekuan PSSI Nomor 01307 Tahun 2015, sebelum kongres berlangsung.

Hal itu berarti, bila Menpora Imam Nahrawi tidak mencabut sebelum 13 Mei, sepak bola Indonesia bakal makin lama terbelenggu dari pentas internasional karena sanksi pembekuan FIFA hanya bisa dicabut dalam level kongres FIFA yang berlangsung minimal setahun sekali.

Tahun ini FIFA sudah menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk memilih Presiden FIFA pada Februari lalu serta kongres biasa di Meksiko, pekan ini. Kongres FIFA berikutnya dijadwalkan berlangsung di Kuala Lumpur, 11-12 Mei 2017.

Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, dalam beberapa kesempatan mengungkapkan bila draft pencabutan sanksi terhadap PSSI itu sudah disiapkan sejak beberapa hari lalu. Draft itu tinggal diubah jadi SK dan ditandatangani Menpora. 

Pertemuan Menpora dengan Ketua Tim Ad-Hoc PSSI, Agum Gumelar, pada Februari lalu mendasari terjadi pembuatan draft surat keputusan pencabutan. Kini, Kemenpora tinggal menunggu keputusan Imam Nahrawi.

"Dari pertemuan klub-klub anggota PSSI dan Asprov di Istana Negara dengan Presiden, sudah jelas bila masalah PSSI akan kelar sebelum kongres FIFA berlangsung, 12-13 Mei di Meksiko," ujar Gatot di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Kabar pencabutan itu makin santer terdengar akan dilakukan pada Selasa ini. Kemenpora juga berpacu dengan waktu karena pada 9-10 Mei ini, Kongres Eksekutif PSSI menggelar sidang. Persoalan PSSI bisa jadi masuk agenda dan rekomendasi dari sidang ini yang akan dibawa ke Kongres FIFA 12-13 Mei 2016.

Semula, dikabarkan pencabutan SK pembekuan PSSI bakal dilakukan siang ini. Tetapi, lantas berubah jadi sore hari seusai Menpora Imam Nahrawi mengikuti Rapat Paripurna Kabinet di Istana Negara, Jakarta, Selasa siang ini.

Hanya, hingga rapat itu berakhir, masih belum ada kejelasan kapan pastinya pencabutan SK itu dilakukan. Lokasi pengumuman pencabutan SK juga berubah-ubah. Bisa jadi pengumuman dilakukan di Kantor Kemenpora dalam hitungan beberapa jam lagi.

 

Video Populer

Foto Populer