Sukses


Tips Eks Kiper Timnas U-19 Tetap Fit di Bulan Ramadan

Bola.com, Pekalongan - Bulan Ramadan dan ibadah puasa tidak ingin digunakan untuk bermalas-malasan. Hal itulah yang ditunjukan eks kiper Timnas U-19, Awan Setho Raharjo. Penjaga gawang yang saat ini membela Persip Pekalongan di Indonesian Soccer Championship (ISC) B 2016 ini menikmati latihan meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Tim berjuluk Laskar Kalong memang menggelar latihan sejak Rabu (8/6/2016). "Latihan pertama saat puasa memang perlu adaptasi karena cuaca juga cukup anas. Namun, setelah itu mulai terbiasa dan menikmati program latihan saja," kata Awan saat berbincang dengan bola.com, Sabtu (11/6/2016).

Setidaknya ada empat laga uji coba yang harus dilahap Awan Setho dkk. dalam momen Ramadan, yakni melawan PSIS Semarang dan PSS Sleman.

Dimulai dengan lawatan ke markas PSIS di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (12/6/2016) malam sebelum giliran bertarung di Stadion Hoegeng Kota Pekalongan, 16 Juni 2016. Tiga hari berselang, Persip melawan tuan rumah PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo. Sepekan kemudian, tepatnya 26 Juni giliranĀ Persip yang kebagian menjamu tim Elang Jawa di Pekalongan.

Meski tak ada persiapan khusus, kiper kelahiran Semarang 20 Maret 1997 ini memiliki kiat khusus agar stamina tetap terjaga selama berlatih. Menurutnya, makanan berbahan dasar daging jadi menu yang wajib dikonsumsi setiap hari baik sahur maupun selepas berbuka. Awan menilai daging sebagai sumber protein yang cukup besar yang diperlukan tubuh selama berpuasa dan berlatih.

Selain itu memperbanyak minum air putih. Maklum, area Kota Pekalongan yang berada di tepi Laut Jawa membuat kondisi Kota Batik cukup panas. "Minum vitamin saat sahur juga penting untuk menjaga stamina. Kalau tidak buka puasa di mes, saya pasti cari air kelapa muda untuk mengembalikan cairan tubuh," tutur kiper 19 tahun itu.

Mantan penggawa Pusamania Borneo FC itu menilai latihan rutin dan uji coba cocok sebagai pengisi waktu luang saat bulan puasa. Meski sudah terlambat, Awan menginginkanĀ ISC B 2016 tetap diputar seperti Torabika Soccer Championships (TSC) A presented by IM3 Ooredoo.

"Saya kira sebenarnya tidak masalah ISC B tetap digelar sekaligus menyemarakkan bulan Ramadan," pungkasnya dia mengakhiri obrolan.

Ā 

Video Populer

Foto Populer