Sukses


Catatan Eduard Tjong usai Timnas U-19 Kalahkan Filipina

Bola.com, Sleman - Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Filipina U-19, 3-1 dalam uji coba internasional perdana di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (19/8/2016). Tiga gol kemenangan skuat Garuda Muda dicetak Muhammad Dimas Drajad, Sandi Pratama, dan Edo Febriansyah. Sementara gol Filipina diciptakan Lorenzo Giuseppe Genco.

Menanggapi hasil itu, pelatih Eduard Tjong menyebut mental bertanding para pemain mulai terangkat. Hal tersebut terlihat dari permainan spartan dan penuh semangat Andi Setyo Nugroho dkk. sepanjang laga.

"Kepercayaan diri pemain sudah terlihat dibanding pertandingan sebelumnya. Pemain mulai berani melepas tembakan meski hasilnya belum maksimal. Ini yang harus ditunjukkan anak-anak karena mereka akan berlaga di luar Indonesia," kata Eduard Tjong usai pertandingan.

Tak hanya soal mental yang terangkat, mantan pelatih PS TNI itu juga mencermati adanya perkembangan di sektor kerja sama antarpemain. Beberapa pola serangan dan bertahan yang dia inginkan mulai dipahami para pemain.

Hanya, pelatih yang akrab disapa Edu itu menyoroti lemahnya penyelesaian akhir. Dia mencatat banyak peluang yang tercipta baik lewat duet Muhammad Dimas Drajad serta Muhammad Rafli maupun dari lini kedua.

"Penyelesaian akhir memang masih jadi problem selama ini. Anak-anak kurang tenang ketika mendapat peluang di depan gawang. Ini jadi catatan yang harus dievaluasi," tutur dia.

Selain itu, pelatih asal Solo tersebut menilai konsentrasi pemain menurun pada 20 menit akhir. Hal tersebut terbukti dengan lahirnya gol Filipina lewat akselerasi Lorenzo Giuseppe Genco. Namun dia menampik menurunnya konsentrasi karena fisik yang drop. Menurutnya, konsentrasi drop karena tempo laga yang menurun setelah timnya unggul dua gol.

"Satu dua pemain memang fisiknya turun namun tak berpengaruh banyak. Nanti secara tim akan diperbaiki seluruh kekurangan yang masih terjadi," katanya.

Setelah uji coba ini, Indonesia kembali menjalani persiapan di Yogyakarta menuju Piala AFF U-19 2016 di Vietnam yang digelar mulai 11 September mendatang.

Video Populer

Foto Populer