Sukses


Rahmad Darmawan: Indonesia Vs Malaysia Duel Adu Cepat

Bola.com, Terengganu - Pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia dengan Timnas Malaysia di Stadion Manahan Solo, Selasa (6/9/2016), menarik perhatian begitu banyak pecinta sepak bola di tanah air. Kedua tim pun kini didominasi pemain muda. Mantan pelatih Timnas Indonesia U-23 yang kini menukangi klub Malaysia T-Team, Rahmad Darmawan pun memprediksi dominasi itu akan menentukan jalannya pertandingan.

Timnas Indonesia untuk pertama kalinya sejak lepas dari sanksi FIFA akan menjalani laga uji coba internasional. Timnas Malaysia yang terkenal menjadi rival skuat Garuda di level Asia Tenggara akan menjadi tantangan bagi tim asuhan Alfred Riedl yang baru saja terbentuk dalam hitungan hari saja.

Dengan persiapan sangat mepet, Tim Garuda akan mencoba untuk menerapkan filosofi sepak bola ala Alfred yang belum tentu bisa langsung difahami seluruh pemain yang ada.

Satu hal yang menarik skuat Garuda kali ini didominasi oleh para pemain muda dan hanya menyisakan Boaz Solossa, Dian Agus, Benny Wahyudi, dan Dedi Gusmawan yang sudah menginjak usia 30 tahun ke atas.

Ada 12 pemain Indonesia yang belum sekalipun mendapatkan debut di level timnas senior. Dominasi pemain muda ini pun diharapkan bisa menjadi kekuatan baru di Timnas Indonesia.

Namun, Rahmad Darmawan, melihat kekuatan Harimau Malaysia di pertandingan ini serupa dengan  Indonesia dan akan sama-sama memaksimalkan kecepatan pemain-pemain muda.

"Intinya timnas Malaysia tidak berbeda jauh dengan timnas kita. Mereka datang ke Solo banyak membawa pemain muda dan beberapa memulai debut bersama timnas," ujar arsitek yang sukses mengantar Indonesia U-23 menembus final SEA Games 2011 dan 2013 kepada Bola.com via pesan singkat, Senin (5/9/2016) malam.

"Biasanya mayoritas pemain Timnas Malaysia didominasi pemain dari klub Johor DT. Namun, kali ini Johor tidak memberikan pemainnya karena persiapan untuk perempat final Piala AFC. Saya rasa kedua tim akan memainkan permainan cepat sesuai karakter pemain muda yang mendominasi kedua skuat," lanjut RD.

Laga uji coba Timnas Indonesia kontra penggawa Negeri Jiran ini menjadi bagian dari persiapan untuk Piala AFF 2016 di Filipina dan Myanmar yang mulai bergulir pertengahan November mendatang. RD pun melihat Indonesia punya kans besar untuk bisa tampil mendominasi dalam turnamen Asia Tenggara itu.

"Kita punya kans, karena di babak grup hanya Filipina yang menurunkan kekuatan utama. Sementara itu Singapura dan Thailand akan didominasi pemain-pemain untuk persiapan SEA Games 2017 di Malaysia," ujar Rahmad yang amat mengenal karakter sebagian besar pemain timnas Malaysia yang jadi kompetitor klub asuhannya T-Team di pentas Liga Super Malaysia.

Video Populer

Foto Populer