Sukses


Prediksi Laos U-19 Vs Indonesia U-19: Hindari Posisi Buncit

Bola.com, Hanoi - Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Laos U-19 di pertandingan keempat Grup B Piala AFF U-19 2016, Minggu (18/9/2016). Laga ini tak lagi memengaruhi peluang lolos ke semifinal, tapi tetap penting untuk mejaga reputasi Tim Garuda Muda yang tidak ingin jadi juru kunci grup.

Tim asuhan Eduard Tjong itu akan menghadapi Laos yang saat ini berada tepat di atas Indonesia di klasemen Grup B Piala AFF U-19 2016. Timnas Indonesia U-19 saat ini memang berada di dasar klasemen dengan tanpa poin dari tiga laga yang sudah dimainkan.

Kalah 2-3 dalam dua laga pertama, kontra Myanmar dan Thailand, serta kalah 1-3 dari Australia di laga ketiga membuat Indonesia belum punya poin hingga jelang laga keempat.

Sementara Laos, yang bernasib sama seperti Indonesia, juga sudah tak punya kesempatan untuk berupaya lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2016. Laos kalah 1-2 dari Thailand di laga pertama sebelum dibantai oleh Kamboja dengan skor 0-3.

Namun, mereka membuat kejutan dengan menahan Myanmar melalui pertandingan dramatis delapan gol yang berakhir imbang 4-4 di pertandingan ketiga.

Satu poin sudah didapatkan oleh Laos, sementara Dimas Drajad dkk. pun harus puas berada di dasar klasemen. Padahal, jika melihat jumlah gol dan kebobolan yang dialami kedua tim ini, tak ada perbedaan. Yang membedakan hanya Laos mampu membuat Myanmar terkejut dengan empat gol yang bisa mereka ciptakan.

Sejak awal Timnas Indonesia U-19 memang mewaspadai lawan dalam tiga laga pertama dan mengaku tidak memandang sebelah mata Laos dan Kamboja yang menjadi lawan dalam dua laga terakhir.

Namun, dengan kondisi saat ini, Laos memang benar-benar tidak boleh dipandang sebelah mata karena keberhasilan mereka mencuri poin, sesuatu yang belum bisa dilakukan oleh tim asuhan Eduard Tjong.

Laga ini tentu sangat penting bagi Timnas Indonesia U-19, yang meski sudah tak mungkin berlanjut ke semifinal tapi tetap harus bisa membuktikan diri bukan tim yang paling lemah di dalam Grup B ini. Seperti halnya yang dikatakan Eduard Tjong sebelum bertolak ke Vietnam:

"Saat ini bukan lagi mencari alasan persiapan yang mepet, tapi harus berjuang bersama di lapangan untuk meraih hasil terbaik."

2 dari 2 halaman

Rotasi Kiper

Itulah yang akan dilakukan Eduard Tjong pada pertandingan kali ini. Jika pada laga kontra Australia pelatih Timnas Indonesia U-19 itu melakukan rotasi pemain untuk menyegarkan tim yang tampil di lapangan, kini sang mantan arsitek klub PS TNI itu akan memberikan kesempatan pemain yang belum tampil dalam rencana rotasi pemainnya.

Salah satu yang akan dirotasinya adalah posisi penjaga gawang yang selama ini telah dipercayakan kepada Muhammad Riyandi. Kiper yang selalu menjadi pilihan utama Edu di tiga pertandingan pertama itu kemungkinan besar akan diistirahatkan.

Penjaga gawag serep, Satria Tama atau Awan Setho akan mendapatkan kesempatan untuk tampil di bawah mistar gawang Indonesia U-19 saat menghadapi Laos.

"Kiper M Riyandi akan kami rotasi di laga selanjutnya. Apalagi ia sudah banyak kebobolan," ujar Eduard Tjong seusai kekalahan dari Australia.

Harapannya tentu Awan Setho akan mendapatkan kesempatan kali ini, setelah pada laga pertama kontra Myanmar pelatih kiper, Hermansyah, mempercayakan Satria Tama menjadi pengganti Riyandi yang mengalami cedera akibat benturan dengan pemain Myanmar.

Sejak saat itu, Awan Setho belum mendapatkan kesempatan dan banyak penggemar Timnas Indonesia menunggu tampilnya mantan kiper Timnas Indonesia U-19 di era Indra Sjafri itu.

Selain itu, kapten tim yang selama ini belum tampil lantaran cedera, Andi Setyo, tampak akan menjadi pilihan untuk lini belakang Timnas Indonesia U-19 di laga kontra Laos. Cedera yang dialami Bagas Adi Nugroho, sang wakil kapten, di laga kontra Australia akhirnya bisa didapatkan solusinya setelah Andi Setyo dianggap cukup fit dan pulih dari cederanya.

Prakiraan Susunan Pemain:

Laos U-19 (4-4-2): Saymanolinh Praseuth (Kiper); Latsamy Phachanta, Piyaphong Pathammavong, Khamphanh Sonthanalay, Sonesavanh Vannaxay (Belakang); Maitee, Thanin Phanthavong, Phatthana Phommathep, Vanna Bounlovongsa (Tengah), Somchit Sibounheuang, Sinthanong Phanvongsa (depan).

Pelatih: Phanthawat Suphawasantichon

Indonesia U-19 (4-4-2): Awan Setho Raharjo (Kiper); Arizky Wahyu Datriya, Andi Setyo Nugroho, Jujun Saepuloh, Habibi (Belakang); Asnawi Mangkualam Bahar, Nevy Alexander Dwaramury, Hanif Sjahbandi, Pandi Lestaluhu (Tengah), Dimas Drajad, Muhammad Rafli (Depan)

Pelatih: Eduard Tjong

 

Video Populer

Foto Populer