Sukses


Libas Vietnam, Australia Tantang Thailand di Final Piala AFF U-19

Bola.com, Hanoi - Timnas Australia U-19 memupus asa tuan rumah, Vietnam, untuk tampil di final Piala AFF U-19 2016. Bermain di depan pendukung tuan rumah di Stadion Hang Day, Kamis (22/9/2016) malam, Australia menggulung Vietnam dengan skor 5-2.

Australia tampil dengan determinasi tinggi sejak babak pertama untuk membuktikan ambisi mereka melaju ke final. Tim asuhan pelatih Ufuk Talay ini sudah mencetak tiga gol sebelum turun minum. Masing-masing lewat George Blackwood menit ke-21, Mario Shabow menit ke-24 dan menit ke-35.

Vietnam yang tidak mau malu di depan suporter sendiri, tampil lebih baik di babak kedua. Alih-alih membobol lawan, timnas berjulukan The Golden Star ini justru kebobolan lagi pada menit ke-53 lewat gol kedua Blackwood.

Kesempatan Vietnam U-19 untuk menipiskan skor terjadi pada menit ke-58 lewat gol Hi Minh Di. Berselang tujuh menit kemudian Vietnam mendapatkan penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Ha Duc Chinh pada menit ke-65.

Namun, itulah gol terakhir Vietnam karena pada menit ke-83 Australia kembali memperbesar selisih gol lewat Joseph William Champness. Skor 5-2 jadi akhir duel semifinal ini sekaligus memastikan Australia berhadapan dengan Thailand yang lolos ke final setelah menaklukkan Timor Leste 1-0.

Pelatih Australia U-19, Ufuk Talay, mengungkapkan permainan yang diperlihatkan timnya terutama di babak pertama sangat memuaskan.

"Pertandingan bagus di babak pertama. Kami sampai ke semifinal dan menantang tuan rumah. Vietnam juga cukup bagus di babak kedua," kata Talay.

"Kami menerapkan beberapa perubahan di babak kedua dan hal itu mengubah permainan. Tapi, kami perlu melakukan perubahan itu untuk menghindari risiko pemain yang kelelahan mengalami cedera," imbuh suksesor Paul Okon itu.

Buat Vietnam kekalahan ini tentu mengecewakan. "Sungguh buruk. Bila kami tetap bermain seperti ini, sudah sepantasnya kami tak layak tampil di final. Sikap dan semangat pemain tak bagus," kata pelatih timnas Vietnam U-19, Hoang Anh Tuan.

Hasil ini membuat timnas Vietnam U-19 harus puas berebut peringkat ketiga menghadapi Timor Leste, Sabtu (24/9/2016) sore.

Sementara partai final Piala AFF U-19 2016 digelar di Stadion Hang Day, Hanoi, pada Sabtu (24/9/2016) malam. Secara khusus, laga puncak ini merupakan ulangan pertemuan karena Thailand sudah bersua Australia  di penyisihan Grup B.

Pada pertandingan yang dimainkan di Vietnam Youth Training Centre, Hanoi (18/9/2016) itu, Thailand menghempaskan Australia cukup telak, dengan skor 5-1. 

 

Video Populer

Foto Populer